Mulai 10 Januari Jembatan Emas Kembali Beroperasi, Ini Jadwalnya

oleh -612 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Kabar gembira bagi masyarakat Provinsi Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang.

Pasalnya, Jembatan Emas yang menjadi penghubung antara Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka akan kembali beroperasi turun dan naik.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Asban Aris, rencananya jembatan emas akan mulai beroperasi pada Senin, 10 Januari 2022 ini.

“Insyaallah, mari kita doakan. Kita dari dinas perhubungan akan mengupayakan itu (jembatan naik turun-red) biar bisa dilewati,” ujar Asban Rabu (5/1/2022).

Asban mengatakan, jembatan emas dapat dilewati kendaraan pada pagi hari mulai pukul 06.30 WIB hingga 08.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB.

“Kenapa kita buka kembali jembatan emas, karena itu salah satu ikon provinsi kita, yang mana juga harus dimanfaatkan untuk masyarakat,” jelas Asban.

Selain itu, lanjut Asban, dengan adanya turun-naik Jembatan Emas tersebut diatas akan mengurai lalulintas kendaraan dari Jalan Depati Hamzah, Jalan Trem dan Jalan Ketapang, Pangkalpinang yang selama ini pada pagi dan sore hari terjadi kemacetan lalulintas yang disebabkan oleh aktivitas masyarakat menuju wilayah Kabupaten Bangka.

Ditambahkannya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengelontorkan biaya lebih dari Rp420 milliar untuk membuat jembatan tersebut yang dikenal sebagai ikon Babel dengan panjang 184 meter dengan sistem bascule dan membentang di atas aliran muara Pangkal Balam tersebut dengan tujuan akses lalu lintas masyarakat dari Pangkalpinang ke Kabupaten Bangka.

Asban mengungkapkan kegiatan operasional turun-naik Jembatan Emas akan di evaluasi setiap enam bulan sekali, dan apabila ada hal-hal yang urgent maka waktu operasional turun-naik akan disesuaikan.

“Nanti untuk selanjutnya, buka tutup akan menyesuaikan dengan kondisi lapangan,” pungkas Asban yang sempat menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang ini.(dom007)

 

Foto : Istimewa

Editor : Meta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.