Mau Tau Titik Nol Ibu Kota Baru Indonesia? Ini Dia

oleh -237 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambangi lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Sri Mulyani ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono.

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Basuki menjelaskan rancangan pembangunan komplek istana negara dan pusat pemerintahan.

©2022 Merdeka.com

“Pak Basuki Menteri PUPR beserta tim @kemenpupr menjelaskan kepada saya mengenai rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur,” tulis Sri Mulyani dalam akun instagram @smindrawati, dikutip Jumat (7/1).

Dalam unggahannya, Menteri Sri Mulyani menceritakan lokasi pembangunan kompleks Istana Negara dan pusat pemerintahan ditandai sebagai titik nol. Pembangunan kompleks IKN dan daerah perkembangannya ini akan dibangun secara bertahap.

Menurutnya, proses pembangunan IKN baru ini tidak mudah. Memiliki tantangan dalam menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati. Termasuk melindungi satwa agar tetap terjaga di tengah pembangunan IKN masa depan yang modern, berbudaya dan modern serta mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

©2022 Merdeka.com

“Ini merupakan proses pembangunan Ibu Kota Negara baru yang luar biasa rumit dan menantang,” kata dia.

Di sisi lain, pihaknya juga perlu merancang secara cermat dan hati-hati pembiayaan dan keuangan negara. Sehingga pembangunan IKN dapat tercapai tetapi tetap menjaga stabilitas dan sustainabilits keuangan negara.

Maka dari itu, saat ini pemerintah dan DPR tengah menyusun Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Perumusannya pun akan melibatkan masyarakat untuk memberikan masukan.

©2022 Merdeka.com

“Landasan hukum yang kuat dan baik dalam bentuk RUU IKN sedang dibahas Pemerintah dengan DPR dengan masukan dari masyarakat,” kata dia mengakhiri. (ge2)

 

Sumber dan foto : merdeka.com

Editor : Rakha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.