Keren! SDN 28 Pangkalpinang Gelar Lomba Menulis Cerpen Langsung di Chromebook

oleh -1779 Dilihat
Foto : by admin SDN 28 Pangkalpinang.

KILASBABEL.COM – Semangat pengembangan literasi di Kota Pangkalpinang sepertinya terus berlanjut. Jika Sebelumnya berbagai sekolah hingga Perpustakaan Umum Daerah menyelenggarakan berbagai agenda kegiatan literasi, kini SDN 28  Pangkalpinang tak mau ketinggalan menggelar agenda serupa.

Kepala SDN 28 Pangkalpinang Suainah, S.Pd.SD, Kamis (2/11) mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan rangkaian agenda peringatan hari jadi ke-34 SDN 28 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tak hanya lomba menulis cerpen, Suainah juga menjelaskan bahwa sekolah tersebut menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti lomba menggambar, lomba story telling, lomba cerdas cermat MIPA, lomba pildacil, lomba tahfidz juz 30, lomba lari gawang hingga lomba masak menu ikan bagi siswa.

“Semua perlombaan bersifat tematik. Peserta yang ambil bagian tak hanya dari SDN 28 saja, tapi juga kita berikan kesempatan bagi siswa-siswa sekolah dasar lain di Pangkalpinang untuk turut berpartisipasi. Rangkaian kegiatan ini juga sifatnya simultan, sebagian sudah berlangsung dan penutupan kita laksanakan di Senin  6 November 2023 mendatang,” ungkap Suainah.

Kepala SDN 28 Pangkalpinang Suainah, S.Pd.SD. (ist)

Terkait lomba penulisan cerpen, Suainah memang tak menampik, panitia telah menyiapkan unit-unit chromebook kepada setiap peserta yang ikut perlombaan. Hal tersebut dilakukannya mengingat, sekolah tersebut memiliki fasilitas pendukung pembelajaran yang cukup lengkap.

“Kebetulan chromebooknya ada dan lebih dari cukup dengan jumlah peserta, maka kami sediakan satu peserta satu unit. Mereka menuliskan cerpen mereka masing-masing menggunakan unit tersebut. Hal ini memudahkan dalam proses administratif dan penilaian,” tuturnya.

Suainah menilai, pengembangan literasi khususnya dalam hal kepenulisan sejak dini kepada siswa SD merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas pelajar dan siswa di Pangkalpinang. Membiasakan siswa menulis langsung melalui perangkat entah itu gawai, laptop, chromebook dan sejenisnya juga merupakan bagian pembiasaan kepada anak agar melek teknologi.

“Semoga upaya-upaya kita melalui kegiatan ini berlangsung dengan maksimal dan tentunya kita harapkan berdampak baik bagi kualitas SDM dan indeks literasi di daerah kita,” pungkas Suainah. (bond)

No More Posts Available.

No more pages to load.