Masjid Al Mukarrom, Salah Satu Masjid Tertua Di Pulau Bangka

oleh -252 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Pangkalpinang sebagai kota yang kental dengan nilai sejarah memang menyimpan berbagai cerita yang menarik untuk disimak. Salah satu cagar budaya yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Bangka Belitung yakni keberadaan salah satu masjid tertua di Pulau Bangka yakni Masjid Al Mukarrom.

Masjid Al Mukarrom terletak di Kampung Melayu Kelurahan Tua Tunu Indah. Posisi awalnya berada di tengah Kampung Tua tunu atau Kampung Lama Tuatunu. Namun seiring perkembangan penduduk dan laju pembangunan, posisi masjid ini sekarang berada persis di ujung perkampungan Kelurahan Tua Tunu Indah.

Masjid ini didirikan pada tahun 1928 dan merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Pulau Bangka. Dahulunya, Masjid Al-Mukarrom  merupakan masjid yang pertama kali digunakan sebagai tempat pelaksanaan sholat Jum’at di Kota Pangkalpinang.

Untuk di Kota Pangkalpinang sendiri, Masjid Al-Mukarrom adalah tempat ibadah umat Muslim pertama yang dibangun. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, namun bangunan masjid ini masih kokoh dan masih digunakan dan difungsikan sebagaimana mestinya oleh masyarakat.

Bentuk Bangunan

Secara keseluruhan, bangunan Masjid Al-Mukarrom terbagi menjadi tiga bagian yaitu : bagian bangunan utama yang cukup luas sebagai tempat ibadah utama, kemudian pendopo terbuka dan yang terkahir adalah sebuah menara.

Gaya bangunannya memang sudah dibuat lebih modern dengan dilakukannya rehabilitasi baru-baru ini, termasuk sebuah menara besi yang ditempatkan di samping bangunan utamanya.

Bangunan utama pada masjdi ini berbentuk persegi empat, berdinding tembok permanen. Pada bagian atap dibuat menyerupai masjid-masjid tradisional dengan atap tajug bersusun 3 sebagai filosofi tentang pegangan hidup yang dapat melindungi diri manusia : Islam, Iman, dan Ikhsan.

Pada bangunan utama di tambahkan 1 kubah berukuran sedang berbahan metal. Lalu dibagian samping masjid terdapat menara dari besi yang menjulang tinggi sebagai tempat untuk pengeras suara. Pada bagian Selatan menara besi tersebut terdapat salah satu sumur tua dengan tiang dan timba yang masih difungsikan oleh masyarakat sekitar pada musim kemarau.

Jika dilihat dari keseluruhan bangunannya, memang arsitektur Masjid Al-Mukarrom tampak lebih modern dari masjid-masjid lain yang dibangun pada abad ke-19. Masuk ke dalam masjid, kita akan disuguhi sebuah pemandangan yang sangat sederhana namun tetap kental nuansa Islam.

Ornamen-ornamen yang dipasang tidak terlalu mencolok dari masjid-masjid lainnya. Sebuah mihrab dibuat dengan lengkungan seperti kubah, lalu ditempatkan sebuah mihrab kayu ukiran tepat disampingnya.

Lokasi Masjid Al-Mukarrom berada di Jalan Raya Tua Tunu Indah, tepatnya di Kampung Melayu Tua Tunu Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tempat ibadah satu ini sangat cocok untuk melakukan wisata religi. Bagi warganet yang berminat, yuk datang dan eksplore! (ge2)

 

Sumber dan foto : wonderfull.pangkalpinang.go.id

Editor : Rakha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.