Pelancong Ga Mau Pulang Dari Belitung Gegara 9 Pantai Ini

oleh -296 Dilihat

KILAS BABEL.COM – Musim liburan seperti ini jadi momen yang tepat untuk mengunjungi berbagai tempat wisata pantai di Belitung. Kepulauan di Timur Pulau Sumatera ini memang terkenal dengan pantainya yang sangat indah. Dengan karakteristik batu besar dan pasir putih, Belitung menawarkan pemandangan yang nggak ada di daerah lain.

Kepopuleran Belitung semakin dikenal banyak orang setelah Laskar Pelangi tayang. Dengan latar Pulau Belitung, wisatawan sengaja datang berkunjung untuk melihat secara langsung keindahan pantai yang terekam di film tersebut.

Mengutip dari belitunginfo.com, Sabtu (5/2), ada banyak tempat wisata pantai di Belitung yang terkenal indah. Kamu bisa mengunjungi pantai berikut saat berkunjung ke sana. Dengan karakteristik yang berbeda, kamu akan dimanjakan pemandangan indah khas Tanah Laskar Pelangi.

1. Pantai Tanjung Tinggi salah satu pantai yang ada di film Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Tinggi Belitung (belitunginfo.com)

Destinasi wisata pantai di Belitung terbaik ini cukup populer karena dijadikan tempat syuting Laskar Pelangi. Lokasinya berada di daerah Keciput, Sijuk, Bangka Belitung atau sekitar 30 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. Meski terkesan jauh, tapi sebenarnya hanya sekitar 45 menit karena akses jalannya sudah bagus.

Di sini, sudah ada fasilitas lengkap yang membuat liburan semakin menyenangkan. Banyak penginapan dan resort bagus di pinggir pantai serta pusat kuliner khas Belitung. Kamu bisa reservasi dulu beberapa hari sebelumnya agar tidak kehabisan kamar.

Beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini adalah snorkeling, memancing dan berenang. Saat berenang atau snorkeling perhatikan sekeliling karena di pantai ini masih banyak ubur-ubur yang menyengat.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang. (belitunginfo.com)

Tanjung Kelayan termasuk Destinasi wisata pantai di Belitung terbaik. Pemandangannya yang indah membuatnya jadi primadona di pulau ini. Nggak heran kalau beberapa tahun lalu tempat ini jadi tuan rumah Sail Wakatobi Belitong yang merupakan ajang internasional bergengsi.

Seperti pantai lainnya di Belitung, di sini juga ada batu granit berukuran besar. Warnanya yang hitam pekat sangat kontras dengan jernihnya air di sekitarnya. Ditambah dengan pasir putih yang terhampar luas membuat pantai ini sempurna keindahannya.

Kamu yang suka menikmati senja, bisa menunggu hingga matahari terbenam di pantai ini. Langitnya yang berwarna jingga tampak sangat indah dan membuat suasana terasa makin syahdu.

3. Pantai Batu Berlayar punya banyak batu besar yang indah

Pantai Batu Berlayar. (belitunginfo.com)

Kalau mau melihat banyak batuan besar kamu bisa datang ke wisata pantai di Belitung ini. Ada banyak batu granit menjulang tinggi dengan gagahnya. Disebut dengan Pantai Batu Berlayar karena ada dua batu yang bentuknya seperti layar perahu.

Pantai ini tidak memiliki daratan yang luas karena sebagian besar berisi batu. Meski begitu kamu tetap bisa duduk santai di atas bebatuan sambil berburu foto yang ciamik. Pepohonan rindang di sekelilingnya membuat suasana di pantai ini terasa sangat sejuk.

Air lautnya juga sangat jernih sehingga kamu bisa melihat dasar laut dengan jelas. Batunya terkadang licin saat terkena air, jadi lebih baik kamu hati-hati saat berada di sini.

4. Pantai Penyabong bikin pengunjung terhipnotis dengan keindahannya

Pantai Penyabong. (belitunginfo.com)

Destinasi wisata pantai di Belitung terbaik lainnya yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Penyabong. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat apik. Saking bagusnya, kamu bisa terhipnotis dan enggan beranjak dari pantai ini.

Nggak heran kalau banyak yang bilang bahwa pantai ini adalah serpihan surga di bumi. Pantainya yang masih asri membuat tempat ini layak dikunjungi. Fasilitas yang ada di sana juga sangat lengkap sehingga kamu nggak perlu khawatir jika berlama-lama di pantai ini.

5. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi. (belitunginfo.com)

Pantai Burung Mandi sering disebut sebagai Ancolnya Belitung Timur. Di sini terdapat batuan granit raksasa seperti pantai lain di Belitung pada umumnya. Bedanya, pasir di sini cenderung kecoklatan. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi keindahannya sama sekali.

Ada banyak perahu nelayan atau yang sering disebut sebagai perahu kater oleh masyarakat setempat. Kamu bisa melihat aktivitas nelayan yang akan berlayar pada sore hari. Obyek wisata ini juga suda terkenal sejak zaman Belanda karena lokasinya dekat dengan pusat penambangan timah.

6. Pantai Teluk Aben atau yang lebih sering disebut dengan Teluk Limau

Pantai Teluk Limau. (belitunginfo.com)

Wisata pantai di Belitung ini sebenarnya lebih populer dengan nama Teluk Limau dibandingkan denga Pantai Teluk Aben. Lokasinya berada di antara Pantai Parai dan Pantai Matras Sungailiat sehingga kamu bisa mampir jika sedang berkunjung ke dua pantai tersebut.

Dari Pangkal Pinang jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 25 menit. Kamu bisa menyewa mobil atau naik taksi saat akan ke tempat ini. Meski pantainya nggak terlalu besar, tapi tetap indah dengan pemandangan alam yang eksotis. Suasananya juga masih sepi karena jarang wisatawan yang datang kemari.

Karena lokasinya yang agak tersembunyi, fasilitasnya tidak selengkap pantai lainnya. Jangan lupa bawa bekal dari rumah agar tidak kelaparan selama bermain di pantai ini.

7. Pulau Lengkuas terkenal dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi

Pulau Lengkuas. (belitunginfo.com)

Pantai yang namanya mirip rempah-rempah Indonesia ini terkenal dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi. Bangunan bersejarah ini sudah ada sejak 1882 saat Belanda masih menduduki Indonesia. Gunanya sebagai peringatan pada kapal yang bergerak mendekati pantai.

Selain mercusuar, kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang ada di sini. Pantai pasir putihnya terhampar luas. Pepohonan di kanan kirinya juga menambah keindahan sekaligus membuat suasana menjadi lebih sejuk. Lokasinya tepat berada di utara Pantai Tanjung Kelayang yang sudah populer terlebih dahulu.

8. Pulau Burung sering dikunjungi turis saat akhir pekan

Pulau Burung. (belitunginfo.com)

Pulau Burong atau lebih sering disebut dengan Pulau Burung ini letaknya di daerah Belitung Utara. Dinamai demikian karena ada batu besar yang bentuknya seperti kepala burung di pulau ini. Meski nggak terlalu luas, tapi pemandangannya tetap indah dan bikin betah.

Untuk menuju pulau ini, kamu harus naik perahu dulu dari desa nelayan Tanjung Binga selama 20 menit. Dari pulau ini, kamu bisa melihat Laut Cina Selatan yang terhampar luas. Nggak heran kalau banyak wisatawan menyempatkan datang ke pantai ini meski agak jauh.

9. Pulau Kepayang bikin kamu betah dan nggak ingin pulang

 

Pulau Kepayang. (belitunginfo.com)

merupakan salah satu yang terbesar di Kepulauan Belitung. Di pulau ini terdapat banyak pantai eksotis yang akan memanjakan mata. Berbagai sudut menarik membuatmu betah berlama-lama di pulau ini.

Turis yang ingin berkunjung bisa naik boat dari Pantai Tanjung Kelayang. Tarifnya nggak terlalu mahal apalagi jika kamu datang bersama rombongan. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan di sini sayang jika tidak diabadikan.

Destinasi wisata pantai di Belitung terbaik ini akan membuat liburanmu terasa menyenangkan. Pantainya yang indah bikin kamu nggak bosan sama sekali. Karena masih jarang kendaraan umum, lebih baik menyewa mobil saja saat berada di sini.

 

Sumber dan foto : belitunginfo.com

Editor : Leona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.