Bikin Kaget, Konsumsi BBM Sepeda Motor per Hari di Indonesia Tembus Rp 1,55 Triliun

oleh -263 Dilihat
Foto : ilustrasi (detik.com)

KILASBABEL.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mencatat, nilai pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor roda dua di Indonesia mencapai Rp1,55 triliun per hari.

Nilai fantastis ini diperoleh dari hitungan konsumsi BBM 1 liter dari total populasi kendaraan roda dua sebanyak 120 juta unit, dengan asumsi kurs Rp15.559 per USD.

“Apabila sepeda motor mengkonsumsi 1 liter bahan bakar per hari, itu setara dengan sekitar 1 juta barel minyak dari kendaraan roda dua (motor) yang jumlahnya sekitar 120 juta unit. Dan jika disesuaikan dengan harga minyak sekarang ini, maka nominal uang yang dibakar lebih dari USD 100 juta per hari,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, (15/11).

Di sisi lain, pemerintah terus menggaungkan untuk mengejar target Emisi Nol Bersih atau Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat. Menteri Arifin mengatakan, Indonesia akan menghasilkan 1,5 giga ton CO2 pada tahun 2060.

Salah satu upaya yang dilakukan menurutnya adalah dengan beralih menggunakan kendaraan listrik. Sebab, kendaraan listrik tidak mengeluarkan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan

“Karena itulah, pemerintah memiliki program mengonversikan motor berbasis BBM menjadi motor listrik,” tutup Arifin.

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Leona

No More Posts Available.

No more pages to load.