Heboh! Warga Ini Meninggal Lalu Hidup Lagi Saat Peti Dibuka, Ini Penjelasan Rumah Sakit!

oleh -204 Dilihat
Mayat ini diklaim hidup lagi, bikin heboh jagat maya. (Foto : merdeka.com)

KILASBABEL.COM – US (40), pasien yang sempat dinyatakan meninggal dunia namun diketahui masih hidup usai dimasukkan ke peti jenazah.

Keluarga menceritakan kronologi insiden US yang juga seorang rohaniawan agama Konghucu tersebut sempat dinyatakan meninggal.

Kakak US, Saputra mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat, 11 November 2022. Saat itu, US telah dinyatakan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Jakarta usai berkegiatan d Semarang, Jawa Tengah.

Saputra menerangkan, saat di Semarang istri US mengabari bahwa US sakit dan dibawa ke sebuah rumah sakit di Jakarta, lalu dinyatakan meninggal. US lalu dimasukkan ke peti kemudian diantar ke rumah duka di wilayah Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

“Kita sih belum bisa jelaskan sepenuhnya. Karena memang yang tahu itu hanya Urip (US). Yang kami terima, peti datang kita buka. Ternyata masih ada tanda kehidupan,” kata Saputra, Selasa (15/11).

Dia mengungkapkan, US dinyatakan meninggal di Semarang, tanpa menjelaskan penyakit apa yang diderita US.

“Dinyatakan meninggal di Semarang dibawa ke sini. Sampai di rumah sudah di dalam peti. Jelasnya saya sendiri nggak tahu jelas, karena memang nggak ada saksi yang ikut,” kata dia.

Ketika tiba di rumah, keluarga kemudian membuka peti, untuk prosesi upacara pemakaman karena keluarga tersebut menganut agama Konghucu.

Keluarga kemudian mengambil tindakan cepat dengan membawa US ke RSUD Kota Bogor, untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Keluarga ingin tahu jelas. Tetap ingin pemeriksaan. Ya kaget ternyata masih hidup langsung dibawa ke rumah sakit. Keluarga sudah persiapan upacara pemakaman, hanya setidaknya diperiksa dulu,” kata dia.

Saputra menungkapkan, US merupakan salah satu rohaniawan Konghucu dan aktif dalam Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

 

Dibantah Pihak Rumah Sakit

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor buka suara soal geger mayat hidup lagi. Melalui Dirut Ilham Chaidir menegaskan kabar tersebut hoak.

Pasien inisial US, yang disebut-sebut mayat hidup lagi itu datang ke RSUD Kota Bogor tidak pakai peti mati.

Pun Ilham membeberkan detik-detik US tiba di RSUD Kota Bogor. US tiba di RSUD Kota Bogor pada 11 November 2022, pasien dalam keadaan sadar meski mengalami penurunan kesadaran karena gangguan kekurangan oksigen pada otak.

Ketika pasien tiba di IGD RSUD, sesuai SOP dalam menerima dan menangani pasien, petugas rumah sakit langsung melakukan penanganan dengan baik.

Saat ini, kata Ilham, pasien sudah masuk ruang rawat inap dalam keadaan membaik dan masih dalam penanganan serta pengawasan intensif.

Mengenai kabar pasien tersebut sempat dinyatakan meninggal, kata Ilham, cerita itu berawal dari hebohnya pihak keluarga dan tetangga pasien di kediaman di Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Dari keterangan pihak yang membawa pasien ke RSUD, pasien yang disebut mayat hidup lagi itu sempat dibawa ke klinik 24 jam terlebih dahulu.

“Kata klinik 24 jam itu tidak bisa (ditangani di klinik) harus langsung ke rumah sakit. Di rumah sakit (datang) enggak pakai peti. Seperti pasien biasa, pakai ambulans,” katanya.

Bahkan, kata Ilham, mengenai pasien yang dikabarkan didiagnosa sudah meninggal dunia sebelum dibawa ke RSUD, pihak keluarga tidak bisa menjelaskan rumah sakit yang mendiagnosa dan tidak bisa menunjukkan surat kematian dari rumah sakit yang mendiagnosa.

“Jadi kami dari RSUD domainnya mengerjakan pasien sesuai SOP saja. Di luar itu bukan kewenangan kita, terkait kisah sebelumnya bisa tanya kepada keluarganya langsung,” ujarnya.

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.