Latih Saksi untuk Pemilu 2024, Ini Target DPD PAN Pangkalpinang

oleh -168 Dilihat
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pangkalpinang mulai melatih para saksi untuk menghadapi Pemilu 2024. (bond)

KILASBABEL.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pangkalpinang mulai melatih para saksi untuk menghadapi Pemilu 2024.

Kegiatan yang diikuti ratusan saksi militan PAN se-Kecamatan Pangkalpinang ini dilaksanakan di Bangka City Hotel Pangkalpinang, Sabtu (26/11).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PAN Provinsi Bangka Belitung, Patrianusa Sjahrun. Turut hadir Sekretaris DPW PAN Babel Herry Aryanto, Ketua DPD PAN Pangkalpinang Andi, Sekretaris DPD PAN Pangkalpinang Satria Mardika, Anggota DPRD Pangkalpinang Rusdi dan Ketua DPC PAN se-Pangkalpinang.

Dalam pelatihan ini, DPD PAN Pangkalpinang mengundang KPU dan Bawaslu Pangkalpinang sebagai narasumber. Dari KPU Pangkalpinang hadir Divisi Teknis Yusmayadi, dan Ketua Bawaslu Pangkalpinang Ida Kumala.

Ketua DPD PAN Pangkalpinang Andi mengatakan, pelatihan ini merupakan pelatihan ke tiga kalinya selama tahun 2022. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada para saksi terkait tugas dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

“Pemilu 2024 ini akan sangat luar biasa. Jadi kita butuh saksi militan untuk mengawasinya. Kita berharap nantinya melalui pelatihan ini, para saksi benar-benar mengetahui apa yang menjadi tugasnya,” ujar Andi.

Menurut Andi, pihaknya sudah menyiapkan dua saksi untuk satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tak heran, kini pihaknya sudah memiliki ratusan saksi militan yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Pangkalpinang.

“Selaku Ketua DPD PAN Pangkalpinang, saya tak menyangka relawan yang hadir begitu banyak dan ini belum full, karena tempatnya terbatas. Saya ucapkan terima kasih kepada koordinator relawan, karena yang hadir juga ada dari etnis Tionghoa,” ucapnya.

Selain memberikan pelatihan, dikatakan Andi, dalam kesempatan ini pihaknya juga membuka diri kepada para saksi yang ingin bergabung dengan PAN, terlebih untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg).

“Jadi yang mau nyaleg lewat PAN, silahkan daftar. Kita akan seleksi secara terbuka dan selektif. Karena target PAN Pangkalpinang pada 2024 mendatang terutama di DPRD Pangkalpinang kita dapat empat kursi, sehingga ada pimpinan DPRD nantinya dari PAN,” kata Andi.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Babel Patrianusa Sjahrun memberikan apresiasi sekaligus rasa hormat kepada DPD PAN Pangkalpinang yang telah memberikan pelatihan politik bagi para saksi. Katanya, pelatihan ini sangat penting bagi para saksi dalam menghadapi 2024 mendatang.

“Atas nama DPW Babel, saya menyampaikan terima kasih. Memang hari ini, belum sepenuhnya yang hadir karena kalau tidak salah, TPS di Pangkalpinang ada sebanyak 529. Dan permasalahan, tidak mudah mencari saksi, karena banyak alasan dan pertimbangan dari orang yang kita ajak sebagai saksi, tapi PAN Pangkalpinang luar biasa jumlah saksinya sampai hari ini,” tutur Patrianusa.

Seperti diketahui, kata Patrianusa, saat ini saksi per TPS ada dua orang, namun satu saksi lainnya sebagai cadangan. Untuk itu, dia berharap dalam pemilu 2024 nanti ada aturan yang mengizinkan dua saksi yang bisa berada di tiap-tiap TPS.

“Karena waktu pemilu 2024 nanti, perhitungan suara sangat panjang. Jadi sangat butuh ada penambahan saksi. Dan kalau setiap TPS harus dua saksi, itu berarti PAN Pangkalpinang harus menyiapkan 1.058 saksi. Dan ini tidak mudah,” kata Patrianusa.

Diakui Patrianusa, keberadaan saksi ini sangatlah penting dalam kemenangan pemilu. Bagaimana tidak, semakin banyak saksi akan mempengaruhi dalam perolehan suara.

“Bayangkan kalau para saksi ada 529 orang, dan mungkin disini ada yang sudah punya istri dan suami, pacar, kalau dikalikan dua sudah berapa jumlahnya. Dan kalau setiap TPS ada lima saksi, suara PAN akan sangat luar biasa. Jadi kunci kemenangan ada pada saksi inilah. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, akan membuat saksi lebih solid dan semangat,” harap Patrianusa.(bond)

 

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.