Oktober 2022, Kunjungan Wisatawan ke Babel Naik 14,21 %

oleh -129 Dilihat
Foto : ilustrasi (ist)

KILASBABEL.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat kunjungan wisatawan lokal yang menginap di hotel berbintang pada Oktober 2022 mencapai 43.261 orang, atau naik 14,21 persen dibandingkan bulan sebelumnya 37.878 orang.

“Selama Oktober tahun ini kunjungan wisatawan domestik naik 14,32 persen dan asing naik 2,15 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Bangka Belitung Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Jumat (2/12).

Ia mengatakan jumlah wisatawan atau tamu domestik lebih mendominasi datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibandingkan tamu asing. Dari total 43.261 tamu, 99,23 persennya adalah domestik.

“Seluruh daerah serentak mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang menginap pada bulan ini dan Kabupaten Bangka menjadi wilayah dengan peningkatan paling signifikan mencapai 54,53 persen,” ujarnya.

Ia menyatakan rata-rata lama menginap wisatawan keseluruhan pada Oktober 2022 untuk hotel bintang selama 1,66 hari. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, para tamu mengalami penurunan lama menginap selama 0,19 hari.

“Wisatawan asing cenderung menginap lebih lama dibandingkan tamu domestik. Rata-rata lama menginap antara tamu asing dan tamu domestik masing-masing sebesar 2,86 dan 1,65 hari,” katanya.

Menurut dia, rata-rata lama menginap di Bangka Tengah menjadi yang tertinggi pada bulan Oktober ini. Tamu cenderung menghabiskan waktu hampir 2 hari untuk menginap di daerah ini. Berbeda dengan daerah lainnya yang hanya di kisaran 1 hari saja.

Di sisi lain, Kabupaten Bangka menjadi daerah dengan durasi destinasi menginap paling singkat yakni dengan catatan 1,03 hari saja. Tamu asing juga menginap lebih lama di Kabupaten Bangka Tengah mencapai 2,89 hari dibandingkan dengan mereka yang menginap di Pulau Belitung yang tercatat hanya 2,86 hari.

“Menariknya bulan ini terdapat tamu asing yang menginap di Bangka dengan durasi mencapai 2,67 hari,” katanya.

 

Editor : Leona

No More Posts Available.

No more pages to load.