Warga Binaan Overload, Begini Penjelasan Kalapas Bukit Semut Sungailiat

oleh -189 Dilihat
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bukit Semut Sungailiat Zulaeni. (Kemenkumham)

KILASBABEL.COM – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bukit Semut Sungailiat Zulaeni mengungkapkan jumlah warga binaan di Lapas Sungailiat melebihi daya tampung dari jumlah ruang yang tersedia.

“Tercatat jumlah warga binaan di Lapas Sungailiat saat ini mencapai  421 orang atau melebihi daya tampung sebanyak 183 orang,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bukit Semut Sungailiat, Zulaeni sebagaiana dikutip dari Antara, Rabu (15/3).

Dia mengatakan, meskipun terjadi kelebihan daya tampung, namun semua warga binaan di Lapas Sungailiat tetap diberikan pelayanan yang maksimal termasuk hak mendapat kesehatan.

“Semua warga binaan kami berikan pembinaan atau bahkan dibekali keterampilan sesuai dengan bidang kemampuan masing – masing tahanan,” jelas dia.

Kepala Kantor Wilayah Kemenhumham Bangka Belitung Harun Sulianto mengatakan kelebihan daya tampung tahanan terjadi pada seluruh lapas di Bangka Belitung dan masih dalam kategori terkendali dan dalam batas wajar dan mendekati ideal.

“Over kapasitas tahanan tidak hanya di Lapas Sungailiat, melainkan terjadi juga di seluruh Lapas di berbagai tempat di wilayah Bangka Belitung,” ujar dia.

Meskipun semua Lapas mengalami kelebihan jumlah kapasitas, katanya, tetapi kondisi tahanan masih tetap aman dan sehat.

“Saya sudah beberapa kali pindah tugas di Lapas, tetapi saya melihat kondisi fisik para tahanan masih tetap sehat,” jelas dia.

Berdasarkan data luas blok hunian di Lapas kelas II B Sungailiat mencapai 882 meter persegi terdiri dari blok A sebanyak 10 kamar, blok B terdiri dari 10 kamar, tiga sel dan satu perpustakaan, blok C terdiri dari empat kamar dan tiga sel, blok D terdiri tiga kamar dan satu sel.

 

Editor : Leona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.