Cerita Bocah SD di Papua Beri Hormat pada Rombongan Jokowi, Jadi Warga Kehormatan TNI

oleh -586 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Ada cerita unik dan luar biasa terjadi di Papua, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu. Jokowi tercatat telah mengunjungi wilayah paling Timur Indonesia itu sebanyak 16 kali, sejak dia menjadi Presiden Republik Indonesia, Tahun 2014 hingga Tahun 2023 ini.

Di kunjungan kerja ke-16 kali ini, Jokowi meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub, berkunjung ke pasar sentral Yuotefa Jayapura, serta berkunjung ke Kabupaten Keerom guna melakukan penanaman jagung di lahan seluas 10 ribu hektare, Selasa (21/3) lalu.

Di sela-disela kunjungan Jokowi ke Kabupaten Keerom, ada satu kisah yang unik terjadi, di mana dilakukan oleh seorang bocah asal Papua berseragam lengkap SD, yang dengan sikap tegap sempurna memberi penghormatan kepada rombongan Presiden Jokowi, saat iring-iringan melintasi wilayah Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura, arah Kabupaten Keerom, Papua.

Bocah tersebut diketahui bernama Raul Fernando Yikwa (9), siswa kelas 3 SD Yayasan Terang Kasih Bangsa, Koya Koso.

Atas aksi Raul tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa pun memanggil bocah tersebut ke Markas TNI di Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, Jumat 24 Maret 2023, untuk memberikan penghargaan, dan kini Raul telah menjadi warga kehormatan TNI.

Menurut Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, jiwa patriotisme dan bela negara sangat diperlukan untuk dibentuk sedini mungkin, dalam rangka menjaga keberlangsungan pembangunan nasional.

Tidak disangka, semangat dan jiwa tersebut ditunjukkan oleh Anak SD saat dengan tulus memberikan penghormatan kepada Jokowi saat melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Keerom dan Jayapura, Selasa (21/3).

“Saat ini Raul Fernando Yikwa berusia 9 tahun yang merupakan Siswa Kelas 3 SD Yayasan Terang Kasih Bangsa, Jln.Sagudua Tiofun, Koya Koso. Yang kesehariannya Raul merupakan Ketua Kelas di Sekolah di Kelasnya. Bahkan kesehariannya setelah pulang sekolah membantu orang tua di rumahnya memberikan makan ternak Babi, dan pada sore hari mengikuti latihan sepak bola Usia 12 Tahun di Kampung Holtekamp Distrik Muara Tami Kota Jayapura,” ucap Saleh.

“Luar biasa semangat dan kemauannya, sejak kunjungan Ir H Joko Widodo Presiden RI kemarin Raul ingin memberikan penghormatan kepada bapak Presiden RI tanpa disuruh, dan tanpa diperintahkan oleh siapapun termasuk keluarganya,” ujarnya.

Ungkap Pangdam, mimpi Raul memberi penghormatan kepada Presiden RI telah terwujud. Saat Raul memberikan penghormatan di tepi jalan saat Presiden melintas di wilayahnya di Koya Koso.

“Atas semangat dan jiwa patriotismenya kini Raul menjadi teladan dari anak-anak di Papua,” ujar Pangdam Cenderawasih.

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Putra Nalendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.