Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Disiapkan Jelang Arus Mudik Lebaran 2023

oleh -281 Dilihat
Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. (Foto: Shipsapp)

KILASBABEL.COM – Dalam rangka menyiapkan skema operasional angkutan lebaran tahun 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian, Bupati Sukirman mengikuti rapat koordinasi rencana operasi angkutan lebaran yang digelar oleh PT ASDP, guna memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa pelabuhan penyeberangan yang melakukan perjalanan mudik dan perjalanan balik lebaran 2023 atau 1444 Hijriah yang aman, nyaman, lancar dan selamat. Pertemuan bertempat di ruang rapat kantor PT ASDP Cabang Bangka, Rabu (29/3).

Christopher Samosir, General Manager ASDP Tanjung Kalian mengatakan bahwa pihaknya telah memprediksi akan kenaikan jumlah kendaraan yang akan menyeberang jika dibandingkan pada tahun lalu.

“Artinya tahun lalu kita sudah mengetahui ada antrian kendaraan sepanjang 2,4 kilometer, kemungkinan akan bertambah jika kita tidak melakukan perubahan, terutama dalam kapasitas,” ungkapnya.

Christopher lanjut menerangkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi untuk merekomendasikan agar kapal-kapal besar dapat beroperasi saat banyaknya kendaraan yang mengantre pada satu waktu. Berikutnya, Ia juga berharap agar area Buffer Zone dapat dikembangkan menjadi 2 area. Sehingga kendaraan yang sedang menunggu antrean dapat dikondisikan di area Buffer Zone 1 dan 2, untuk mencegah menumpuknya kendaraan yang berderet memanjang pada ruas jalan.

“Untuk pembayaran non tunai tetap kita prioritaskan, karena angkutan Nataru tahun lalu 100 persen kita bisa non tunai. Justru dengan pembayaran non tunai ini para UMKM dapat terbantu,” tambah Christopher.

Dalam kesempatannya, Bupati Sukirman menyampaikan beberapa hal penting terkait penanganan mudik lebaran 2023. Dirinya berkeinginan agar kemacetan dapat diantisipasi lebih awal. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam prinsipnya, ingin mudik lebaran tahun ini lancar dan untuk keamanannya terjaga bersama Kapolres beserta jajarannya.

“Maka kita tentukan titik-titik langkah, agar pemudik yang ingin berlibur lebaran ini lancar, jangan sampai ada penumpukan. Karena bila terjadi penumpukan, karena yang semuanya masuk kesini bila terdapat  penumpukan, yang jeleknya itu Bangka Barat. Untuk Buffer Zone akan diperbaiki dan ditambah beberapa titik,” tutur Sukirman.

Bupati Bangka Barat menghimbau kepada para peserta rapat serta pihak-pihak terkait lainnya untuk mau belajar dari tahun-tahun sebelumnya, agar aktivitas mudik tahun ini dapat berjalan lancar.

Kapolres Bangka Barat, Catur Prasetyo menyampaikan terkait keamanan mudik lebaran di pelabuhan Tanjung Kalian, dirinya akan melibatkan 276 personil yang terdiri dari 90 anggota Polri sesuai dengan persandian Operasi Ketupat 2023, dan 186 personil dari pihak eksternal berupa Dishub, ASDP, Damkar, dsb.

“Harapannya dengan jumlah personil yang banyak, kita tidak mubazir, bisa benar-benar merekayasa yang namanya keamanan ketertiban kelancaran arus mudik dan arus lebaran tahun 2023. Mudah-mudahan dengan adanya intervensi masalah port time, kemudian perihal pembayaran non tunai bagi masyarakat yang belum paham tentang non tunai bisa disiapkan gerai tunai guna kelancaran, buffer zone nya ditambah, angkutan truk dan kendaraan besar yang kosong akan kita intervensi guna kelancaran,” beber Catur menjelaskan.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini, perwakilan Disperkimhub, BPKAD, Disparbud, BP4D, dan DPUPR.  (SP)

 

Editor : Putra Nalendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.