Pemkab Babar Pastikan Kebutuhan Daging Terpenuhi saat Lebaran

oleh -155 Dilihat
Foto : ilustrasi. (cnnindonesia.com)

KILASBABEL.COM – Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Bangka Barat (Babar) memastikan kebutuhan daging sapi masyarakat di moment Ramadan dan lebaran Idulfitri 1444 H, di angka 300 ekor.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Agung Ari Wibowo mengatakan, jumlah itu dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melonjak dari hari-hari biasanya.

“Insya Allah untuk di Bangka Barat tercukupi. Kami estimasi sekitar 300 ekor sapi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri,” kata Agung Ari Wibowo, sebagaimana dikutip dari rri.co, Minggu (9/4).

Sapi potong ini kata dia, kebanyakan didatangkan dari luar Pulau Bangka seperti dari Lampung, Sumbawa, NTB, karena kontribusi dari peternak lokal tidak banyak.

“Babae jarang ngambil dari Jawa Timur atau jenis sapi madura, karena kebanyak peternak ini langsung ke perusahan-perusahaan besar, termasuk harga lebih masuk juga,” ucapnya.

Dia menyebut, kendati saat ini kasus Penyakit Mulut dan Kuku sudah tidak ada lagi, namun, distangan masih melakukan vaksinasi hewan ternak, serta juga mengimbau kepada para peternak agar memerhatikan kesehatan hewan dan kebersihan kandangnya.

“PMK sudah tidak ada lagi. Tapi tetap melakukan pengecekan kelapangan dan kebetulan hari ini juga melakukan vaksinasi booster yang pertama ini sudah tahap ketiga. Kita juga memantau sapi – sapi yang belum divaksinasi,” kata Agung.

 

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.