Masjid Al-Husna Kampung Jawa, Dibangun Tahun 1960 & Jadi Masjid Tertua di Sungailiat

oleh -451 Dilihat
Foto : Bangka Pos.

KILASBABEL.COM – Masjid Al-Husna merupakan masjid tertua yang ada di Kota Sungailiat. Lokasinya terletak di Jalan Kartini 1, Kampung Jawa, Sri Menanti, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Masjid yang dibangun sejak 1960 ini sebelumnya hanyalah surau kecil yang sederhana.

Seiring waktu dan pertambahan penduduk di pemukiman tersebut, surau tersebut akhirnya direnovasi menjadi masjid.

Alasan masjid ini direnovasi adalah untuk menambah kapasitas jamaah, memperbaiki mihrab masjid yang tidak simetris lagi serta memperindah tampilan dan ruangan agar jamaah lebih nyaman ketika beribadah.

Masjid ini berukuran 16 m x 16 m dan dapat menampung hingga 400-an jamaah.

Bangunan masjid ini terdiri dari dari dua lantai, lantai pertama untuk jamaah laki-laki dan lantai kedua untuk para jamaah wanita.

Masjid yang didominasi warna biru tua menanamkan prinsip minimalis dengan arsitektur modern yang terlihat tidak rumit namun tetap terkesan elegan.

Masjid ini pun telah dibekali dengan kipas angin dan AC agar para jamaah yang melaksanakan ibadah tetap merasa nyaman meski berada di antara banyaknya jamaah lain.

Masjid ini berada tengah pemukiman padat penduduk warga Kampung Jawa Sungailat. Aksesnya sangat mudah dijangkau baik bagi masyarakat sekitar Sungailiat ataupun bagi jamaah pendatang.

Sumber : bangka.tribunnews.com

Editor : Putra Nalendra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.