Sekda dan TPID Pangkalpinang Monitoring Pasar hingga Distributor, Stok dan Harga Sembako Masih Aman Jelang Lebaran

oleh -242 Dilihat

PANGKALPINANG, KILASBABEL.COM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pangkalpinang melakukan monitoring stok dan harga sembako di sejumlah distributor hingga pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Jumat (14/4/2023).

Monitoring dipimpin langsung Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go yang juga didampingi sejumlah stakholder mulai dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Alhamdulillah pada hari ini kita TPID bersama tim melakukan kunjungan ke pasar, istilahnya bukan sidak ya, tetapi kita mengetahui monitoring untuk berkenaan dengan stok, kemudian juga harga, apakah ada penimbunan dari bahan pokok tersebut,” ujar Mie Go ditemui wartawan usai monitoring.

Mie Go menyebutkan, dari monitoring yang dilakukan dirinya bersama TPID Kota Pangkalpinang, kesiapan stok bahan pokok saat ini masih relatif aman. Demikian halnya untuk harga yang juga masih relatif stabil.

Dia berharap ketersediaan stok dan stabilnya harga sembako berlangsung hingga H-1 atau H-2 lebaran.

“Mungkin secara keseluruhan harga bahan pokok masih terkendali, hanya ada sedikit daging ayam memang ada sedikit kenaikan seribu rupiah saja sejak tiga hari yang lalu,” bebernya.

Sementara untuk harga beras, tambah Mie Go, tidak mengalami kenaikan. Harga beras menurutnya masih pada kisaran Rp132 ribu isi 10 kilogram. Sedangkan untuk stok beras saat ini masih mencukupi yakni 1.400 ton.

“Adapun stok sapi bukan cukup, tetapi berlebih satu bulan sebelum lebaran daging sapi ini melebihi. Untuk harga saat ini kita di pasar daging, bahwa daging sapi saat ini posisinya 140-145 ribu rupiah, informasi ini harganya stabil. Bawang, cabai, telur juga masih stabil,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Faturrahman memprediksi inflasi tahun ini lebih baik jika di bandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau dilihat stok dan harga bahan pokok dan penting, kami melihat sepertinya insyaallah pada tahun ini inflasinya akan lebih baik dari tahun lalu. Bahan pokok penting seperti di distributor maupun pasar langsung mudah-mudahan lebih baik dari tahun lalu,” tukasnya.(nuggi3)

 

Editor : Leona

No More Posts Available.

No more pages to load.