Penggunaan AC Meningkat Saat Cuaca Panas, Ini Tips Agar Listrik Tak Jebol

oleh -307 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Belakangan ini cuaca panas sangat menyengat di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, ada 5 penyebab utama suhu panas yang terjadi di Indonesia, salah satunya adalah dinamika atmosfer yang tidak biasa.

Cuaca panas ini tentu membuat masyarakat Indonesia tak lepas dengan penggunaan Air Conditioner (AC) ataupun kipas angin untuk menghilangkan rasa panas di dalam ruangan. Tetapi jika penggunaan dilakukan terus menerus juga akan berakibat pembengkakan energi listrik, bukan?

Melansir dari beberapa sumber, berikut tips menggunakan AC agar hemat listrik:

1. Pilihlah AC yang hemat energi listrik

Jika anda baru ingin membeli atau menggunakan AC di rumah, carilah AC yang dilengkapi kompresor yang menggunakan listrik lebih kecil. Sehingga hal itu dapat menghemat pemakaian listrik anda.

2. Aturlah suhu sesuai kebutuhan

Cobalah untuk mengatur suhu sesuai kebutuhan anda. Jika suhu tidak sesuai maka bisa mengakibatkan konsumsi daya listrik yang meningkat. Perlu diketahui suhu ideal pada AC supaya hemat diantaranya 23 hingga 25 derajat celcius.

3. Nyalakan dan mematikan AC untuk menghemat energi listrik

AC sering kali digunakan ketika menjelang siang hari bukan? Karena panasnya terik matahari di luar, pastinya menginginkan masuk ke dalam suhu ruangan udara dingin. Namun untuk malam hari ada baiknya dimatikan, karena anda tidak terlalu membutuhkannya di malam hari.

4. Rutinlah membersihkan filter AC

Jangan lupa untuk rutin membersihkan filter AC anda. Jika anda tidak rutin membersihkannya hal itu dapat menarik daya listrik yang cukup kuat. Cobalah untuk membersihkan filter AC setidaknya 1 hingga 3 bulan sekali, tergantung pemakaian AC anda.

5. Gunakanlah AC yang memiliki teknologi inverter

Menggunakan AC berteknologi inverter sangat membantu anda untuk menghemat listrik loh. Pasalnya teknologi ini dapat menyesuaikan kebutuhan suhu ruangan.

6. Hindari membuka ruangan yang ber-AC untuk menghemat listrik

Pastikan ruangan ber-AC supaya tertutup dengan rapat agar udara dingin AC tidak keluar dari ruangan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.