Kapolri Listyo Cek 91 Command Center di Labuan Bajo, Pastikan Pengamanan KTT ASEAN ke-42

oleh -309 Dilihat
Foto/Ist

LABUAN BAJO, KILASBABEL.COM – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengecek sejumlah titik, salah satunya 91 Command Center Polri, untuk memastikan pengamanan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan langsung terkait dengan kesiapan kepolisian dalam rangka pengamanan KTT ASEAN atau ASEAN Summit,” ungkap Kapolri usai mengecek 91 Command Center di Labuan Bajo, Rabu (3/5/2023) sore.

Salah satu tempat yang dicek adalah 91 Command Center yang merupakan pusat kendali operasi seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Jadi kita mengecek langsung bagaimana mulai dari bandara sampai dengan titik akomodasi, kemudian tempat kegiatan semuanya termonitor dan terawasi termasuk petugas-petugas yang melaksanakan tugas semuanya tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan dengan Command Center,” kata Kapolri.

“Dan dari Command Center tentunya bisa memberikan perintah-perintah terkait dengan langkah-langkah dan kegiatan yang harus dilaksanakan,” tambahnya.

Command Center juga dapat mengecek fasilitas sekaligus mendeteksi masyarakat yang datang. Mulai dari tamu asing atau masyarakat lokal, termasuk identitasnya serta data kapal dan pemiliknya.

“Tentunya dalam kesempatan ini kami dari jajaran kepolisian akan melakukan rekayasa-rekayasa lalu lintas pada saat ada delegasi yang melintas dan tentunya ada pengalihan-pengalihan arus. Oleh karena itu, terkait dengan kenyamanan masyarakat yang mungkin terganggu karena pengalihan arus, kita mohon maklum dan mohon maaf,” ujarnya.

Selain itu, Kapolri juga memastikan bagaimana posko Command Center bisa memonitor apabila terjadi situasi bencana ataupun kondisi cuaca sehingga langkah penanganan yang dilakukan bisa lebih terkendali. Kapolri berharap seluruh kesiapan dalam rangka pengamanan KTT ASEAN Summit bisa berjalan dengan baik. “Kita pernah punya pengalaman beberapa waktu KTT G20, muda-mudahan di ASEAN Summit ini kita bisa bekerja dengan lebih baik,” imbuhnya.(dom007)

 

Editor : Putra

Sumber : Kompas

 

No More Posts Available.

No more pages to load.