8 Pelajar Bangka Tengah Siap Bersaing di Seleksi Paskibraka Provinsi dan Nasional

oleh -408 Dilihat
Foto : istimewa.

KILAS BABEL.COM  – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) menggelar Pelepasan Peserta Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Nasional Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bateng, Senin (22/5).

Algafry Rahman, selaku Bupati Bangka Tengah didampingi Sugianto selaku Sekretaris Daerah dan Syamsul Komar selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), melepas 8 peserta Paskibraka terbaik Kabupaten Bangka Tengah ke tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Nasional.

Dikatakan Algafry bahwa Paskibraka merupakan kebanggaan bagi diri sendiri, ketika berhasil mewakili lembaga, sekolah dan daerah. Didampingi oleh kedua orang tua beserta Kepala Sekolah, para Paskibraka dilepas secara simbolis untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Dengan terpilihnya mereka sebagai Paskibraka ini menjadi sebuah kebanggaan agar bisa memacu diri memberikan yang terbaik, dengan berusaha sebaik mungkin dan optimis melaju ke nasional dengan ikhtiar dan tawakal,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada Paskibraka Bangka Tengah harus tampil percaya diri dan fokus sebagai modal utama untuk mampu menghadapi berbagai tantangan dan rintangan.

“Mereka memiliki pelatih yang luar biasa, walaupun tidak ada gaji, tetapi tetap semangat melatih agar Paskibraka ini tampil maksimal dan memberikan yang terbaik,’’ ujar Algafry haru.

Ketulusan para pelatih memperhatikan Paskibraka diapresiasi oleh Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

“Pesan saya, silakan tampil semaksimal mungkin, harus siap mengikuti pelatihan, jalani dengan sebaik mungkin. Insyaallah akan ada reward dari Pemkab Bangka Tengah, jika ada yang mampu menembus tingkat nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Tim Paskibraka Bangka Tengah, Peltu Zulfikar mengatakan awalnya para peserta yang mengikuti seleksi melalui aplikasi seleksi Pakibraka dari bangka tengah sebanyak 214 anak-anak kelas 9 SMA/SMK/MA se-derajat.

Setelah melalui berbagai tahapan tes seleksi Paskibraka yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, terpilihlah 36 peserta dengan rincian 18 putra dan 18 putri.

“Setelah itu, Pemerintah Provinsi meminta kabupaten kota yang ada di Bangka Belitung untuk mengirimkan 4 putra dan 4 putri terbaik yang merupakan hasil dari perankingan nasional, untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Peltu Zulfikar.

Atas insiatif dari Bakesbangpol Bangka Tengah, para peserta telah mengikuti kegiatan pelatihan selama 10 hari, walaupun ada banyaku kendala yang dihadapi. Awalnya Ia mengku, peserta Paskibraka ini merasa kaget, belum siap, dan merasa lemah. Namun, setelah dididik dan dilatih mereka menjadi kuat.

“Kita juga sangat optimis akan ada yang melaju ke tingkat nasional dan ini adalah perjuangan terakhir saya sebagai Kepala Tim. Kita sudah berjuang dan ini merupakan anak-anak terbaik Bangka Tengah,” tutupnya seraya mengaku jika dukungan dari Pemkab Bateng terhadap Paskibraka sangatlah luar biasa.

Adapun 8 Paskibraka Bateng yang berhasil lolos ke tingkat Provinsi Babel, untuk peserta putra, yakni Raghib Arif Ramadhan (Man Insan Cendekia Bateng), Farrel Charles Fulvian (SMAN 1 Koba), Febri Arwan Syah (SMKN 1 Pangkalan Baru), dan Fajar Pratama (SMAN 1 KOBA).

Sedangkan peserta putri, yakni Syafa Nizwa Aulia (SMAN 1 Pangkalan Baru), Gita Aprilina (SMAN 2 Sungai Selan), Windi Widianingsih (SMKN 2 Koba) dan Nur Rizqika Cturiyanti (SMAN 1 Namang). (SP)

 

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.