390 Jemaah Haji Indonesia Kloter 1 Tiba di Madinah

oleh -208 Dilihat
Foto : by merdeka.com.

KILASBABEL.COM – Sebanyak 390 jemaah haji Indonesia kelompok terbang pertama yang keberangkatannya dilepas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Kedatangan mereka disambut Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Abdurrahman Al Bijawi dan Dubes RI di Riyadh Abdul Aziz Ahmad.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah asal Jakarta itu mendarat pukul 06.20 Waktu Arab Saudi (WAS), Rabu 24 Mei 2023.

“Haji mubarok, selamat datang,” kata Abdurrahman.

Sistem fast track yang diterapkan membuat para jemaah tidak perlu lagi melalui pemeriksaan di imigrasi bandara. Sidik jari mereka telah diperiksa di Bandara Soekarno-Hatta, sebelum keberangkatan. Meski begitu, ada tiga jemaah yang harus mengulang proses pengambilan sidik jari.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Azis Ahmad menjelaskan, kloter pertama melalui terminal jalur cepat, yakni tanpa pemeriksaan sidik jari dan bio visa Imigrasi Saudi, karena sebelumnya sudah diproses di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta.

“Begitu keluar dari Terminal Fast Track, jemaah langsung masuk ke dalam bus untuk membawa mereka ke hotel tempat menginap di Madinah. Ini salah satu fasilitas yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi utuk jemaah, supaya perjalanan haji lebih mudah dan cepat,” jelasnya.

Petugas PPIH Arab Saudi yang telah menanti, menyambut dan membantu para jemaah terutama jemaah lanjut usia membawa barang mereka. Ada sembilan bus yang mengantar jemaah ke hotel di sektor 1 dan 2 Madinah. Lokasi hotel berada tidak jauh dari Masjid Nabawi.

Ada sembilan jemaah yang terpaksa menggunakan kursi roda karena kondisi mereka. Bahkan dua di antaranya membawa kursi roda dari Jakarta.

Salah satunya adalah Ismail (62) jemaah haji asal Pejaten, Jakarta Selatan. Dia mengaku kakinya cedera setelah mengalami kecelakaan motor beberapa waktu lalu. Saat latihan manasik, Ismail hanya sanggup melakukan tawaf tiga kali putaran dari kewajiban 7 putaran.

Sudah menunggu 11 tahun, Ismail memutuskan tetap berangkat berhaji walaupun tanpa pendamping.

Sepanjang hari ini, total ada 16 kloter yang akan mendarat di Bandara AMAA Madinah dengan jumlah jemaah 6.383 orang. Mereka merupakan bagian dari jemaah gelombang 1 yang akan melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi.

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Rakha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.