Ini Dia! 16 Perempuan Inspiratif Bangka Belitung Tahun 2023

oleh -415 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Kartini sekarang merupakan Kartini yang luar biasa. Kesuksesan yang ada sekarang ini tak lepas dari peran ibu, istri serta perempuan-perempuan Indonesia. Untuk itu, sudah selayaknya memberikan tempat tertinggi kepada perempuan Indonesia.

Demikian disampaikan Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP, M.Si, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat kegiatan Peringatan Hari Kartini, di Hotel Santika, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (26/5).

“Kesuksesan seseorang merupakan kesuksesan yang memberikan dampak kepada orang lain,” kata Pj. Gubernur didampingi istrinya Maya Krista Sidabutar selaku Pj. Ketua Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan kali ini mengusung tema “Melalui Peringatan Hari Kartini, Kita Tingkatkan Peran dan Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan yang Adil dan Merata”.  Sejumlah penghargaan diberikan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) bagi perempuan berprestasi.

Untuk di bidang kesehatan penghargaan diterima Penasari dari Kabupaten Bangka, bidang sosial budaya diterima Sri Purwati dari Kabupaten Belitung, bidang lingkungan hidup diterima Marni dari Kabupaten Bangka Selatan dan bidang pertanian diterima Nurhayati dari Kabupaten Bangka Tengah.

Sedangkan tiga penghargaan lainnya, diberikan kepada Murtini dari Kabupaten Bangka Barat bergerak di bidang pendidikan, Rosmiati dari Kabupaten Belitung Timur di bidang kesehatan dan Sri Asmawati dari Pangkalpinang dalam bidang sosial budaya.

Tak hanya itu, sebab Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung juga memberikan hadiah untuk tiga kategori di antaranya, perempuan guru mengaji Alqur’an, polisi wanita pada unit PPA Polres dan kategori dunia usaha/perusahaan responsif gender.

Hadiah kategori perempuan guru ngaji Alqur’an diberikan kepada Sumarni dari Kabupaten Bangka, Dra. Siti Hodijah dari Belitung Timur dan Zurhani dari Kabupaten Belitung. Sedangkan kategori polisi wanita diberikan kepada Dian Plaza dari Kabupaten Bangka.

Dua polisi lainnya yang juga menerima penghargaan, Lartha Anggela, SH dari Belitung dan Roza Afrianti, SH dari Kabupaten Bangka Selatan. Penghargaan kategori dunia usaha/perusahaan responsif gender diterima PT. Bumi Permai Lestari, PT. Bakti Timah Medika dan Parai Beach Resort dan SPA Sungailiat.

Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan mengenai tujuan kegiatan ini. Menurutnya, peringatan ini upaya menghormati dan meneladani perjuangan kepahlawanan R.A. Kartini. Selain itu, mengenalkan tokoh Kartini sebagai simbol perempuan Indonesia.

“Kartini berpengaruh dalam perjuangan hak-hak perempuan. Adapun tujuan lainnya, mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern, terutama di bidang pendidikan dan semua bidang pada umumnya,” kata Asyraf.

Kegiatan ini dihadiri Forkompinda, Kepala OPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, organisasi perempuan tingkat provinsi dan sejumlah tamu undangan dari kabupaten/kota se Bangka Belitung. (SP)

 

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.