Peminat Prodi Kedokteran UBB Membludak! Ini Kata Rektornya

oleh -396 Dilihat
Foto : by Mongabay Indonesia.

KILASBABEL.COM – Program Studi (Prodi) Kedokteran Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi jurusan paling tinggi peminatnya dibandingkan prodi lain di tahun akademi 2023/2024 ini.

Rektor Universitas Bangka Belitung Profesor Ibrahim mengatakan, hingga kini calon mahasiswa yang mendaftar prodi kedokteran mencapai hampir 500 an orang.

“Untuk sementara pendaftar prodi kedokteran di tahun pertama ini sudah menyentuh angka 500 calon mahasiswa. Biasanya pada tahun sebelumnya prodi manajemen dan akutansi menjadi pendaftar terbanyak,” kata Ibrahim dilansir dari rri.co.id, Sabtu (27/5).

Sedangkan untuk alokasi dari prodi kedokteran ini, kata Ibrahim sejumlah 40 orang karena prodi baru.

“Kita bagi 28 orang di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan 12 orang melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) atau sekitar 20 persen. Dengan tingkat ketetatan 1 banding 20,” ujar Ibrahim.

Hanya saja dia menjelaskan, pihaknya belum bisa mengecek jumlah pendaftar dari dalam daerah dan luar daerah.

“Termasuk kita belum bisa melakukan proses afirmasi terhadap kondisi-kondisi lokal, tapi kita sudah bersurat ke pak Menteri agar diberi afirmasi khusus prodi kedokteran kepada putra-putri daerah,” ujar ibrahim.

Pengajuan afirmasi ini dilakukan agar putra-putri daerah ketika selesai kuliah, bisa mengabdi di Bangka Belitung sendiri.

“Sedangkan untuk mahasiswa luar, pasti akan kembali ke daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya merasa bertanggung jawab akan pemenuhan jumlah tenaga medis di Bangka Belitung.

“Jangan sampai prodi kedokteran ini tidak secara luas signifikan berdampak kepada meningkatnya jumlah tenaga medis di kita, sedangkan pemerintah daerah sudah membantu kita banyak dalam prodi kedokteran ini,” ucap Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, UBB menyiapkan lebih kurang 2.190 kuota mahasiswa baru di tahun akademik 2023/2024, yang tersebar di 25 program sarjana (S1) dan program kedokteran.

 

Editor : Putra Nalendra

No More Posts Available.

No more pages to load.