Aktif Latih Warga Binaan di Bidang Pertanian, Lapas Pangkalpinang Dapat Penghargaan

oleh -685 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Dinilai aktif dalam melatih dan membina warga binaan di bidang pertanian, terutama dalam penyemaian bibit sawit, Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel mendapat penghargaan dari PT. Langgeng Duta Bersama.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh pimpinan perusahaan PT. Langgeng Duta Bersama Dede Iswanto kepada Kalapas kelas IIA Pangkalpinang Badarudin, atas keberhasilannya dalam memberikan pembinaan Kemandirian kepada Warga Binaan berupa pelatihan penyemaian dan pembenihan bibit kelapa sawit sehingga dapat menghasilkan bibit Kelapa Sawit yang berkualitas dan bersertifikasi.

Kalapas Pangkalpinang mengucapkan terimakasih atas dukungan, kepedulian dan kepercayaan Pimpinan Perusahaan PT. Langgeng Duta Bersama terhadap pembinaan warga binaan.

“Karena dalam pelaksanaan program pembinaan kepada warga binaan dapat melibatkan elemen masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta dan organisasi / yayasan masyarakat lainnya,” terang Badarudin dalam keterangan resminya, Senin (5/6).

Penghargaan dan kegiatan pembinaan kemandirian ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang telah dilakukan dengan PT. Langgeng Duta bersama tahun 2022 lalu.

“semoga Kerjasama ini dapat berkelanjutan sehingga dapat memberikan bekal keterampilan kepada Warga Binaan pada saat mereka telah kembali ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Selain bekerjasama dengan PT. Langgeng Duta Bersama Lapas Pangkalpinang juga telah bekerjasama dalam melaksanakan Program Pembinaan Kemandirian terhadap warga binaan antara lain ;

  • Dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang yaitu pada pembinaan kemandirian Agrobisnis budi daya kelapa sawit, peternakan ikan hias, budi daya ayam kampung jenis KUB.
  • Dengan Relawan Rumah Inspirasi kerjasama kemitraan jasa produksi.
  • Dengan Balai Latihan Kerja Provinsi Kepulaun Bangka Belitung pada pembinaan kemandirian bidang manufaktur pertukangan kayu.
  • Dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam bidang Pelatihan Kemandirian Keterampilan tentang perbanyakan benih tanaman hortikultura dan perkebunan, pelatihan agrobisnis bidang tanaman perkebunan, holtikultura dan peternakan.
  • Dengan PT. Deshanda Craft tentang kemitraan Jasa Produksi Kerajinan Home Decor Lidi Nipah.

Dari Perjanjian Kerja Sama yang telah dilakukan tersebut dengan berbagai bidang pembinaan yang ada, kegiatan pelatihan kemandirian diikuti oleh warga binaan berdasarkan bakat dan minat masing-masing warga binaan.

Pimpinan Perusahaan PT. Langgeng Duta Bersama mengucapkan terimakasih kepada kalapas kelas IIA Pangkalpinang ,karena menurutnya ini adalah suatu kebanggaan bagi kami dapat bekerjasama dan terlibat dalam memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan serta mendukung program penyemaian dan pembenihan bibit Kelapa Sawit yang bersertifikasi.

“Bahwa pelatihan penyemaian dan pembenihan bibit kelapa sawit ini merupakan jenis bibit kelapa sawit Varietas DxP Sriwijaya 5 dengan proses pemeliharaan kurang lebih selama 12 bulan, bibit yang terus tumbuh memanjang sehingga panjang akar mencapai 1,5 meter yang dapat menghasilkan Pohon Kelapa Sawit yang kuat dan sehat, insya allah dapat menghasilkan buah sawit yang baik pula,” urai Dede.

Dede Iswanto menjelaskan bahwa di bulan Januari 2023, dari 5.000 bibit kelapa sawit yang kami semai ada 2.545 bibit kelapa sawit yang telah bersertifikasi.

Sertifikasi dilakukan oleh UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pada kesempatan tersebut Pimpinan Perusahaan PT. Langgeng Duta Bersama menyerahkan sertifikat kepada 10 orang perwakilan Warga Binaan Lapas Pangkalpinang yang telah mengikuti program pelatihan dan keterampilan kemandirian pembenihan dan penyemaian bibit Kelapa Sawit. (SP)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.