TPLD Kota Pangkalpinang Dikukuhkan, Punya Banyak PR untuk Bumikan Literasi

oleh -452 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Tim Penggerak Literasi Daerah (TPLD) Kota Pangkalpinang resmi dikukuhkan oleh Walikota Pangkalpinang H. Maulan Aklil, Selasa (27/6). Pengukuhan tersebut dilaksanakan serentak dengan pelantikan dan pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan Tingkat Kota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang H. Maulan Aklil menitipkan tanggung jawab dan tugas mulia kepada seluruh anggota TPLD untuk membumikan literasi di seluruh lapisan masyarakat. Literasi, ungkap walikota, mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, dan perpustakaan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan literasi masyarakat.

“Litersi merupakan hak dan memberikan manfaat yang nyata, yang didapat melalui pendidikan sekolah. Perpustakaan berperan mendukung upaya pencapaian itu,” tutur walikota.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Dr. Hj. Eti Fahriaty, M.Pd menambahkan, Tim Penggerak Literasi Daerah Kota Pangkalpinang merupakan salah satu kelompok kerja terpadu di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang dalam membangun dan mengembangkan budaya literasi.

“TPLD  tergabung di dalamnya penulis-penulis daerah atau individu-individu yang kita nilai memiliki komitmen dan konsisten dalam menggerakkan literasi di berbagai lapisan masyarakat. Mereka berasal dari pegiat literasi, guru yang konsisten dalam berliterasi, ASN yang memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan bahkan ada dari masyarakat umum yang konsisten berliterasi. Tugas utama TPLD adalah menumbuhkembangkan literasi sehingga berdampak positif bagi masyarakat,” urai Hj. Eti.

Foto : istimewa.

Siap Dedikasikan Diri untuk Literasi Daerah

Ketua Kelompok Kerja Manajemen Literasi Daerah TPLD Kota Pangkalpinang Herlina, S.Pd mengaku, ia bersama rekan-rekan lainnya di TPLD menyatakan siap mendedikasikan diri untuk meningkatkan dan mengembangkan literasi daerah.

“Intinya kami semua yang baru saja dikukuhkan, siap untuk melaksanakan tugas dan amanah sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Walikota. Banyak hal yang harus kita laksanakan, mulai dari program dan kegiatan yang berkesinambungan, serta upaya-upaya nyata menggerakkan serta membangun literasi sejak dini kepada generasi kita di Kota Pangkalpinang,” ungkap Herlina.

Foto : istimewa.

Hal senada disampaikan Ketua Kelompok Kerja Diseminasi Literasi Nuraida, S.Pd. Ia memberikan apresiasi besar kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah `membidani`  lahirnya TPLD. Tim ini lanjur Nuraida, memiliki peran besar dalam mewujudkan peningkatan indeks literasi masyarakat.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Pemkot Pangkalpinang khususnya Ibu Eti sebagai Kepala DPK beserta jajaran yang sangat konsen dalam meningkatkan dan menumbuhkembangkan literasi daerah. Banyak tugas yang harus kita laksanakan ke depan,” pungkas Nuraida. (Mg7)

No More Posts Available.

No more pages to load.