Empat Rumah Ibadah di Babel dan Kepri Terima Bantuan dari PT Timah Tbk

oleh -152 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – PT Timah Tbk menyalurkan program bantuan program tanggungjawab sosial (Corporate Social Responsibility) untuk membantu pembangunan rumah ibadah di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pada Bulan Juni 2023, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan untuk empat rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Empat rumah ibadah yang menerima bantuan anggota holding industri pertambangan MIND ID yakni Masjid Nur Hidayah Desa Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Masjid Al Barkah Sijuk dan Surau Istiqomah di Kabupaten Belitung serta Surau Baitul Ana Dusun IV , Desa Perayun, Kecamatan Kundur Utara.

Ketua Surau Istiqomah Dedi Sutrisno mengatakan, pembangunan surau mereka terkendala anggaran, apalagi surau itu berada cukup jauh dari jalan utama sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui ada surau di lokasi itu.

Dedi menerangkan, jemaah salat di surau itu cukup ramai, apalagi waktu salat magrib, Isya. Sehingga mereka berinisiatif membangun kembali surau ini untuk menambah kapasitas jemaah.

“Kita perluas bangunan kita, dan kita pengembangan ke satu sisi termasuk pembangunan tempat wudhu,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pembangunan Surau Baitul Ana Parmin menceritakan pembangunan surau ini sudah berlangsung sejak lama, namun mereka terkendala dalam melanjutkan karena keterbatasan biaya. Selama ini pembangunan hanya mengandalkan dana swadaya dari masyarakat.

“Sebenarnya pembangunan ini telah lama dilaksanakan, namun karena terkendala biaya jadi kita lakukan sesuai dana yang terkumpul dari swadaya masyarakat,” kata Parmin.

Menurutnya, bantuan dari PT Timah Tbk akan mereka gunakan untuk pembangunan tempat Wudhu. Sehingga bisa memudahkan para jemaah yang ingin beribadah di musala ini.

“Saya selaku ketua kegiatan pembangunan Surau Baitul – Ana Dusun IV Ujung Baru Desa Perayun mewakili Pengurus dan Masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan perhatian PT Timah terhadap kegiatan masyarakat,” katanya.

Sama halnya dengan Ketua Masjid Nurhidayah Desa Katis, Ridwan mengatakan, bantuan dari PT Timah Tbk akan digunakan untuk membuat lapangan parkir di masjid mereka.

“Lokasi yang memiliki kontur tanah yang miring membuat kami agak kesulitan untuk merealisasikan lahan parkir ini, sebab butuh dana yang cukup besar untuk menemboknya. Dengan adanya bantuan dari PT Timah dan donatur lainnya Inshaallah lahan parkir ini akan lebih cepat selesai pembangunannya,” kata Ridwan.

Ridwan menambahkan, masjid mereka juga menjadi tempat kegiatan pelepasan Jemaah Haji se Kecamatan Simpang Katis, sehingga akan sangat ramai dan kerap kali hanya mengandalkan bahu jalan karena tidak ada tempat parkir.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, impian kami untuk memiliki lahan parkir dapat terwujud. Tentunya ini juga untuk kenyamanan para Jemaah dan juga kenyamanan bagi para pengguna jalan juga, apalagi dulunya pernah terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal disekitar areal Masjid ini,” katanya. (SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.