Kepincut Potensi Tanjung Resing Beltim, 5 Pengusaha Tiongkok Siap Tanam Investasi

oleh -228 Dilihat
Foto : by rri.co.id.

KILASBABEL.COM – Investor Tiongkok tertarik Tanjung Resing, lokasi pembangunan pelabuhan laut di Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

Hal itu terkuak saat rombongan yang terdiri dari 5 orang pengusaha Tiongkok dan seorang pengusaha asal Jawa Timur, Andri mengunjungi Tanjung Resing untuk melihat kemungkinan mereka menanamkan investasinya membangun pelabuhan yang diidam-idamkan masyarakat Belitung Timur ini. Rombongan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Amirudin dan stafnya Suhaimi.

Sebelum melihat langsung Tanjung Resing, para pengusaha muda Tiongkok ini diterima oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin di ruang kerjanya.

Pengusaha asal Jawa Timur, Andri yang menjembatani kedatangan investor Tiongkok ini mengatakan, Tanjung Resing membuat terkesan mereka. Bahkan untuk kawasan pelabuhan akan sangat strategis dan dinilai setara dengan milik Singapura.

“Apalagi ini dekat jaraknya dengan Jakarta, Pulau Kalimantan, ke Singapura, dan lainnya, maka sangat strategis. Bahkan kata mereka baru melihat yang seperti ini,” kata Andri kepada rri.co.id, di Tanjung Resing, Dendang, Senin (17/7).

Setelah langkah penjajakan dan pertemuan dengan Bupati Belitung Timur serta otoritas perhubungan setempat, investor ini akan membahas kelanjutannya di Kantor Pusat mereka di Tiongkok.

“Dibantu data-data basic saja, pemetaan potensinya seperti apa, lalu jaminan kemudahan dari pemerintah setempat ya terutama, saya juga akan terus komunikasikan hal ini dengan mereka. Tapi intinya kalau pengusaha itu ya, asal dilancarkan urusannya sampai regulasi dijalankan dengan baik dan potensi menghasilkan, juga jelas menurut kajian mereka, maka itu biasanya tertarik, akan jalan, mudah-mudahan,” ujar Andri.

Di tempat sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Amirudin menyambut baik antusiasme tinggi dari para pengusaha Tiongkok ini. Pemerintah Daerah Belitung Timur disebutnya selalu terbuka bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah ini.

Terlebih pelabuhan sudah menjadi impian Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk segera diwujudkan.

“Pelabuhan ini gerbang masuk kita daerah kepulauan ini. Untuk Pelabuhan Tanjung Resing ini segala persyaratan seperti dokumen, sertifikat, izin pemanfaatan kawasan hutan dan sebagainya sudah terpenuhi semua, mudah-mudahan bisa segera terwujud dibangun pemerintah pusat ataupun pihak ketiga atau swasta yang tertarik,” ucap Amirudin.

Sementara itu Bupati Belitung Timur, Burhanudin telah menegaskan akan memberikan kemudahan bagi siapapun investor yang berniat berusaha dan membangun daerah itu. Jaminan kepastian hukum menjadi garansinya.

“Kalau ada investor tertarik kita akan beri kepastian hukum bagi mereka, bahwa berinvestasi di Belitung Timur mereka aman dan nyaman tanpa ada gangguan. Kunci masuknya investasi itu salah satunya adalah kondusifnya daerah, kalau tidak aman jangan harap investor mau masuk,” tegasnya.

 

Sumber : rri.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.