Cakupan Kepesertaan JKN di Babel Mencapai 95,27 %

oleh -182 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Cakupan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) update per 1 Juli sudah mencapai 95,27 persen.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang Tri Wibowo mengatakan, data ini diambil dari data Dukcapil semester 2 tahun 2022 dari total jumlah penduduk 1.490.418 jiwa.

“Jadi memang sudah cakupan peserta yang memang tercover di Bangka Belitung sudah mencapai di angka 95,27 persen,” kata Tri Wibowo sebagaimana dilansir dari rri.co.id, Jumat (28/7).

Tri Wibowo menambahkan, dengan begitu sudah ada satu kota yaitu Pangkalpinang yang sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Kemudian ada 5 kabupaten yang terdiri dari Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur sudah masuk Universal Health Coverage (UHC) kabupaten,” ucapnya.

Namun kata dia, pihaknya masih mendapat satu pekerjaan rumah (PR) yang saat ini masih terus dikejar, yakni Kabupaten Bangka.

“Kepesertaan JKN di Kabupaten Bangka belum mencapai target yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Dimana per Maret 2023, capaian UHC di Kabupaten Bangka baru mencapai 87,81 persen atau 284.712 jiwa dari total jumlah penduduk 324.232 jiwa.

“Itu artinya masih ada 39.520 jiwa yang belum terdaftar,” ujarnya.

UHC sendiri merupakan cakupan kepesertaan program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk.

“Sehingga mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan atau didaftarkan menjadi peserta JKN,” ujar Tri Wibowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.