UMKM Sepiak Belitong Tandatangani MoU Ekspor di Ajang Karya Kreatif Indonesia 2023

oleh -340 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – UMKM mitra Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Sepiak Belitong telah melaksanakan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) ekspor dengan buyer dari Malaysia yaitu Usahawan Nusantara Ventures SDN BHD. Penandatangan MoU tersebut dilaksanakan dalam ajang Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang tengah berlangsung di Hall B Jakarta Convention Center di Jakarta pada 27-30 Juli 2023.

Penandatanganan MoU antara lain disaksikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Yunita Resmi Sari, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan bersama dengan Penandatanganan MoU bersama dengan UMKM dari provinsi lainnya. Sepiak Belitong telah menggali khazanah budaya Bangka Belitung pada produknya serta menjadi pelopor batik Belitung yang aktif mempromosikan potensi dan kekayaan alam melalui motif kain sejak tahun 2010. Sampai saat ini Sepiak Belitong memiliki puluhan motif seperti daun simpor, bunga keremunting, kantong semar dan sahang (lada) yang telah memasarkan produknya ke luar negeri serta beberapa kali mengikuti pameran atau exhibiton di luar negeri. Semua motif kain Sepiak Belitong telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Pelaksanaan kegiatan MoU ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2023, yang diantaranya meliputi Pameran 300 UMKM unggulan, Pesona Kopi Nusantara dari 45 UMKM, Talkshow, Business Matching Ekspor, Business Matching Pembiayaan, Pagelaran Karya Kreatif, Creative Makerspace, Ruang Interaksi, dan Showcase Inovasi Teknologi. KKI 2023 pada tahun ini dilaksanakan dengan tema #BadarauNusantara: Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara.

Pada KKI 2023, sejumlah UMKM mitra BI Babel juga telah melaksanakan business matching ekspor dengan buyer internasional diantaranya Billiton Spice dan PT Izzah Globalindo dengan Onafood dan Tanivest dari Singapura, seta Duo Ayu Sejati dan Getas Cap Tani yang terhubung dengan perusahaan aggregator ekspor Aruna.

Melalui kegiatan ini Bank Indonesia berharap produk-produk UMKM unggulan Bangka Belitung dapat memperluas jangkauan pasar ke internasional serta dapat mendorong masyarakat menggelorakan semangat bangga buatan Indonesia melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI). (SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.