AFF U-23 Tahun 2023, Malaysia Tumbangkan Timnas Indonesia 2-1

oleh -379 Dilihat
Foto : by bola.net

KILASBABEL.COM –  Timnas Indonesia U-23 kalah tipis dari Malaysia U-23 di laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023 di Rayong Province Stadium, Rayong, Thailand, Jumat (18/08) malam WIB.

Di babak pertama, Indonesia U-23 lebih mendominasi penguasaan bola atas Malaysia. Sayangnya di babak kedua stamina skuad Garuda Muda terlihat kedodoran dan membuat lawan bisa mengembangkan permainannya.

Gol Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta. Sementara itu gol Malaysia dihasilkan Fergus Tierney (brace).

Hasil ini membuat timnas Indonesia U-23 nangkring di dasar klasemen Grup B Piala AFF U-23 2023. Sementara itu Malaysia berada di posisi satu dengan asupan tiga angka.

Peluang Malaysia

Timnas Indonesia U-23 langsung menekan pertahanan Malaysia sejak kickoff. Merah Putih seringnya coba menekan dari sisi sayap kanan.

Selama lima menit pertama Malaysia sering dibuat mengejar bola saja. Namun peluang akhirnya tercipta pada menit ketujuh.

Arkhan kehilangan bola tak jauh di luar kotak penalti dan membuat Malaysia bisa menyerang dengan cepat melalui Akmal di sisi sayap kanan. Bola umpan tariknya kemudian diterima rekannya di tengah kotak penalti tapi untungnya, peluang itu masih bisa dimentahkan Ernando Ari.

Indonesia kemudian coba mengancam dari tendangan jarak jauh Kadek Arel pada menit ke-15. Sayangnya bola tembakannya melambung terlalu jauh ke angkasa.

Pada menit ke-18 Malaysia mengancam balik dengan sepakan jarak jauhnya. Namun bola sepakan pemain nomor 4 yakni Rakesh Munusamy cuma melesat tipis ke sisi kanan gawang Indonesia.

Menit ke-20 Frenkie Missa menembus melalui halfspace kiri dan masuk ke kotak penalti. Meski dikawal satu pemain lawan ia masih bisa melepas tembakan keras kaki kiri. Tapi bola itu masih bisa diblok dengan kaki oleh kiper Malaysia.

Gol Ramadhan Sananta

Pada menit ke-29, gol akhirnya tercipta. Ramadhan Sananta sukses menjebol gawang Malaysia. Ia mulanya mendapat umpan panjang dari sisi kiri dan menusuk masuk dari halfspace kiri. Ia sempat diadang satu bek lawan tapi dengan mudah ia bisa melawati sang pemain dan kemudian menendang bola ke tiang jauh. 0-1!

Setelah mencetak gol, duel berlangsung makin seru. Indonesia bermain dengan lebih pede sementara Malaysia meningkatkan intensitas serangannya.

Pada menit ke-44, Indonesia menyerang dari halfspace kiri melalui Irfan Jauhari. Namun ia kemudian dijatuhkan oleh bek lawan. Dari situ Merah Putih mendapat hadiah free kick yang dieksekusi Beckham Putra. Sayang bola masih bisa ditepis kiper Malaysia.

Pada akhirnya tak ada gol tambahan yang tercipta sampai turun minum. Malaysia 0-1 Indonesia.

Malaysia Berbalik Unggul

Usai turun minum, Malaysia U-23 mengganti taktiknya. Mereka langsung melakukan pergantian pemain.
Sayangnya tak sampai dua menit kemudian Indonesia U-23 juga melakukan pergantian pemain secara terpaksa. Sebab Irfan Jauhari mengalami cedera lutut kanan dan digantikan Muhammad Ragil.

Namun sayangnya pada menit ke-53 petaka menghampiri Indonesia U-23 lagi. Kadek dianggap melakukan pelanggaran pada Fergus Tierney di kotak terlarang dan wasit pun memberikan hadiah penalti. Eksekusi kemudian dilakukan Tierney dengan sempurna. 1-1.

Setelah itu permainan Malaysia tampak lebih membaik. Sementara itu skuad Indonesia tampak stagnan agak kesulitan membangun serangan berbahaya. Mereka juga terlihat letih.

Pada menit ke-62, gawang Indonesia akhirnya terkoyak lagi. Malaysia membangun serangan dari flank kanan dan menciptakan prahara di kotak penalti. Bola luar kemudian disambar tendangan voli Tierney. 2-1.

Peluang Emas Dewangga dan Sananta

menit ke-70 Indonesia mendapat peluang emas. Dari throw in dari sisi kanan, bola yang jatuh di tiang dekat disundul ke tiang jauh. Di sana ada Dewangga yang berdiri bebas dan siap melakukan tembakan kaki kiri dari jarak dekat. Sayangnya akurasi tembakannya buruk dan bola melambung tinggi dari sasaran.

Permainan Indonesia kemudian cukup amburadul. Mereka kesulitan mengalirkan bola dari belakang ke depan. Namun setelah itu jelang laga berakhir, permainan skuad Garuda Muda membaik. Mereka bisa bermain dengan lebih tenang dan menggulirkan bola ke depan dengan cukup baik. Pertahanan Malaysia pun cukup tertekan.

Wasit memberikan tambahan injury time selama delapan menit. Indonesia berusaha menekan pertahanan Malaysia dan menciptakan beberapa peluang. Salah satunya pada menit 90+6.

Sananta menanduk bola umpan sepak pojok dari sisi kanan dengan bebas di tengah kotak penalti. Sayangnya bola meleset tipis ke sisi kiri gawang.

Pada akhirnya Indonesia U-23 tak bisa mencetak gol. Malaysia menang 2-1.

 

Sumber : bola.net

No More Posts Available.

No more pages to load.