Hari Jadi Kota-Kota di Bangka Belitung, Ini Dia Informasinya

oleh -621 Dilihat
Foto : Repro by kilasbabel.com (berbagai sumber).

KILASBABEL.COM – Kendati sudah menjadi daerah otonom sejak tahun 2000, namun masih banyak masyarakat Bangka Belitung yang belum tahu kapan hari jadi daerah atau kota yang ada di wilayah Negeri Serumpun Sebalai tersebut.

Nah, buat pembaca setia , berikut kilasbabel.com sajikan hari jadi beberapa kota di Bangka Belitung dikutip dari berbagai sumber:

1. Hari Jadi Kota Pangkalpinang

Sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang dengan segala dinamikanya menyimpan kisah sejarah yang menarik.

Tonggak sejarah peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang, didasarkan pada kajian historis dibentuknya pangkal-pangkal di Pulau Bangka sebagai tempat kedudukan Demang dan Jenang, atas perintah dan kebijakan Kesultanan Palembang Darussalam Susuhan Sultan Ahmad Najamuddin 1 Adi Kesumo, sejak pengangkatannya sebagai sultan pada tanggal 17 September 1757 atau bertepatan dengan tanggal 3 Muhharam 1171 Hijriyah.

Pangkalpinang adalah salah satu dari 13 pangkal yang didirikan di Pulau Bangka pada masa itu. Pangkal bermakna suatu wilayah yang dibentuk dan didirikan dengan fungsi sebagai pusat segala aktifitas dan kegiatan dimulai. Sebagai pelabuhan, pusat pasar atau perniagaan, serta sebagai pusat distrik atau pusat pemerintahan.

Berdasarkan catatan sejarah tersebut, maka ditetapkan, hari jadi Kota Pangkalpinang jatuh pada tangga 17 September 1757.

2. Hari Jadi Kota Sungailiat

Berdasarkan catatan sejarah, hari jadi Ibu Kota Kabupaten Bangka yakni Kota Sungailiat jatuh pada tanggal 7 Rabiul Awal tahun 1186 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 27 April 1766 M.

Tanggal 27 April 1766 itu muncul didasarkan sejak ditetapkannya kampung atau dusun Liat menjadi Pangkal Liat oleh Tumenggung Dita Menggala.

Pangkal Liat sendiri diperuntukkan sebagai tempat kedudukan Demang yang diangkat oleh Sultan Ahmad Nadjamuddin dari Kesultanan Palembang Darusallam pada 7 Rabiulawal 1186 H atau bertepatan dengan tanggal 27 April 1766.

3. Hari Jadi Kota Toboali

25 Oktober 1708 ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Toboali, saat ini Kota Toboali merupakan Kota Tertua di Provinsi Bangka Belitung yang telah berusia 315 pada Oktober 2023 mendatang.

Penetapan Hari Jadi Kota Toboali selain sebagai identitas kota merupakan bentuk pengakuan terhadap keberadaan Kota Toboali yang memiliki arti penting dalam perjalanan kehidupan masyarakatnya.

4. Hari Jadi Kota Koba

Kota Koba Merupakan Ibu Kota Kabupaten Bangka Tengah. Kota kecil ini memiliki kisah sejarah yang menarik untuk ditelisik.

Mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Tengah Nomor 5 Tahun 2007, Hari Jadi Kota Koba ditetapkan pada tanggal 1 Agustus 1854.

5. Hari Jadi Kota Muntok

Berdasarkan catatan sejarahnya, Kota Muntok berdiri pada tanggal 7 September 1734 Masehi. Pertimbangan ini didasarkan pada perintah Sultan Mahmud Badaruddin I kepada Wan Akup pada September tahun 1734 untuk membangun 7 (tujuh) bubung rumah di daratan sebuah tanjung yang terletak di kaki Menumbing dengan nama Muntok. Tujuh bubung rumah sekaligus ditetapkan sebagai tanggal hari jadi Kota Muntok.

Fakta Sebagai Dasar Penetapannya yakni,  (1) Prasasti Kota Kapur tahun 686, (2) Pengangkatan Kepala Kampung Ponggor di kaki Bukit Menumbing oleh Mahapatih Gadjah Mada yang diketahui pada tahun 1377; (3) Peristiwa penyerangan Sultan Mahmud Badaruddin untuk merebut kembali Palembang saat singgah di Muntok pada tahun 1721, (4) Keempat, masa Sultan Mahmud Badaruddin memerintahkan Wan Akup untuk membuka Kota Muntok.

6. Hari Jadi Kota Tanjung Pandan

Kota Tanjung Pandan merupakan Ibu Kota Kabupaten Belitung. Hari jadi kota kecil yang eksotik ini jatuh pada tanggal 1 Juli tahun 1838 dimana penyerahan kota Tanjungpandan dari Belanda kepada KA. Rahat yang bergelar Depati Cakraningrat ke-VIII.

7. Hari Jadi Kota Manggar

Kota Manggar merupakan Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur. Berdasarkan catatan sejarah, pada tahun 1863, sebuah tambang timah didirikan di sebelah kanan Sungai Manggar, dan nama distriknya pun diganti menjadi Manggar pada tahun 1866. Para pendatang dari Tiongkok diperbolehkan masuk ke Manggar pada 8 Oktober 1871, dan tanggal inilah yang dipilih sebagai hari jadi Manggar.

No More Posts Available.

No more pages to load.