PQN 2023 Perkuat Pemahaman dan Permudah Masyarakat dalam Bertransaksi QRIS

oleh -777 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Dalam rangka mendorong perluasan QRIS baik dari sisi pengguna, volume transaksi dan merchant, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) tahun 2023 yang mengusung tema “Wujudkan Semangat 45, QRIS-nya Satu, Menangnya Banyak”.

Kegiatan PQN 2023 ini dilakukan selama satu minggu mulai dari tanggal 14-20 Agustus 2023 dengan berbagai rangkaian.

Kegiatan diawali dengan opening ceremony PQN 2023 yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr Suganda Pandapotan Pasaribu,AP.,M.Si.,M.Si dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faturachman pada Senin (14/8).

Dalam rangkaian acara opening ceremony, dilakukan talkshow sesi satu dengan tema “Tidak ada Smart City Tanpa Digitalisasi Pembayaran” dan talkshow sesi dua dengan tema “Memahami Hak-Hak Konsumen dalam Menggunakan Sistem Pembayaran”.

Selain itu, juga dilakukan success story penggunaan QRIS oleh DKM Masjid Jamik dan Pelaku UMKM Ohkopi.id.

“Pelaksanaan talkshow ini bertujuan untuk mewujudkan smart city melalui digitalisasi pembayaran yang menyentuh aspek smart economy yaitu memastikan implementasi teknologi dalam proses transaksi pembayaran termasuk di destinasi wisata yang merupakan sektor unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta memastikan masyarakat paham dan mengerti risiko-risiko yang mungkin terjadi di system pembayaran digital,” ujar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung
Kepala Perwakilan, Faturachman dalam siaran persnya yang diterima, Senin (21/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh 350 tamu undangan yang terdiri dari Pimpinan Forkopimda, Pimpinan Intansi Vertikal, Pimpinan OPD, Pimpinan Perbankan, Asosiasi, Akademisi dan peserta lainnya. Agar peserta dapat memahami penggunaan QRIS, turut dilakukan QRIS Experience Rp1 saat pengambilan konsumsi dan souvenir.

Kemudian di tanggal 15-16 Agustus 2023, rangkaian kegiatan PAN 2023 dilanjutkan dengan sosialisasi QRIS dan Pelindungan Konsumen kepada masing-masing 100 orang siswa/i SMA Santo Yosef dan SMKN 1 Kota Pangkalpinang. Selanjutnya, juga dilakukan QRIS Experience Rp1 untuk pengambilan konsumsi dan souvenir.

Selanjutnya, ditanggal 18 Agustus 2023, kegiatan dilanjutkan dengan onboarding serta sosialisasi QRIS dan pelindungan konsumen kepada 92 UMKM yang ada di Kota Pangkalpinang. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan QRIS Experience Rp1 untuk pengambilan konsumsi dan souvenir.

Kemudian ditanggal 19 Agustus 2023, telah dilakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Pasir Padi yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu PA.,M.Si.,M.Si. dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman. Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Pimpinan Forkopimda dan Pimpinan Perbankan.

Menurut Faturachman, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan destinasi wisata.

Sebanyak 150 orang peserta menyusuri sepanjang 2 km garis pantai dan telah berhasil mengumpulkan sebanyak 122 kg sampah non organik. Selanjutnya, juga dilakukan QRIS Experience Rp1 untuk pengambilan konsumsi dan souvenir.

Ditanggal 20 Agustus 2023, dilakukan kegiatan penutupan PQN 2023 di Pantai Pasir Padi sebagai bentuk promosi destinasi wisata yang dihadiri oleh 500 orang peserta terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pangkalpinang, Pimpinan Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan OPD, Pimpinan Perbankan, Asosiasi, Akedemisi dan masyarakat umum lainnya.

Adapun bentuk kegiatannya yaitu senam bedincak massal dan peresmian QRIS untuk pembayaran tiket masuk di Pantai Pasir Padi yang merupakan sumber retribusi Pemda. Hal tersebut mempertimbangkan pengunjung Pasir Padi yang cukup tinggi yaitu sebanyak 400 ribu pada tahun 2022. Diharapkan melalui penggunaan QRIS dapat membantu Pemda dalam menaikkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi sejalan dengan tujuan dari Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Terakhir, kegiatan ditutup dengan penyerahan simbolis bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Kelompok Sadar Wisata Gempita dalam bentuk sarana pendukung kebersihan lingkungan dan wisata Pantai Pasir Padi.

Melalui rangkaian kegiatan PQN tersebut, kata Faturachman, diharapkan dapat mendorong optimalisasi penggunaan QRIS mengingat potensinya yang masih cukup besar.

Dia menyebut, nilai transaksi QRIS pada triwulan II-2023 tercatat sebesar 117,51 miliar dengan volume mencapai 638.689 atau masing-masing tumbuh sebesar 215,07% (yoy) dan 186,55% (yoy).

“Akseptasi QRIS yang baik tersebut didukung oleh perluasan merchant QRIS yang tercatat sebesar 134.847 per Juli 2023 dan Pengguna QRIS mencapai 134.865 s.d Juni 2023,” jelas Faturachman.

Bersamaan dengan memperluas pemahaman QRIS, lanjut Faturachman, kegiatan PQN 2023 ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat sehingga aware terhadap pentingnya melindungi data pribadi dari potensi pencurian dan penyalahgunaan melalui SIM Swap, social engineering, penipuan aplikasi seluler, penipuan identitas biometrik.

“Disisi lain juga bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan konsumen sehingga memiliki keberanian untuk melaporkan produk atau layanan milik Penyelenggara yang tidak sesuai dengan ketentuan,” tutupnya.(SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.