Awas! Jika Muncul Tanda Ini di Mata, Kolesterol Anda Tinggi

oleh -418 Dilihat
Foto : ilustrasi by Alodokter.

KILASBABEL.COM – Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel di dalam tubuh. Jika dibiarkan, kadar kolesterol tinggi yang berkelanjutan dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, terutama pada bagian organ jantung, seperti stroke atau jantung koroner.

Pada dasarnya, kolesterol tinggi dapat diwariskan secara genetika, tetapi penyakit ini seringkali merupakan dampak dari gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengenali tanda tersebut, cobalah berkaca di cermin dan perhatikan jika ada bercak kuning di sudut dalam mata Anda. Hal itu disebut xanthelasma yang menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah mulai menumpuk di pembuluh darah Anda.

Kolesterol tinggi ditandai dengan munculnya plak atau endapan kekuningan di mata yang disebut sebagai xanthelasma. Plak kekuningan ini menjadi pertanda bahwa kadar lipid dalam darah cukup tinggi.

Kebanyakan orang yang memiliki xanthelasma berusia paruh baya atau lebih tua. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Plak kekuningan di mata memiliki ciri-ciri berikut:

  • Konsistensinya kental
  • Terakumulasi di balik kelopak mata bagian atas dan bawah
  • Tampak simetris antara mata dan hidung
  • Bisa menjadi semakin banyak dari waktu ke waktu.

Munculnya xanthelasma idealnya tidak akan mengganggu fungsi penglihatan dan tidak berbahaya. Meski begitu, jika dibiarkan dan kolesterol terus tinggi, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mata.

Saat seseorang mengalami tanda kolesterol tinggi di mata berupa plak kuning, dokter akan memeriksa dengan mengecek riwayat medis dan pemeriksaan visual.

 

Sumber : cnbcindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.