Jalankan Program Polri Lestarikan Negeri, Polda Babel Tanam 10.000 Pohon di Lahan Eks Tambang

oleh -245 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan penanaman 10 ribu pohon di kawasan eks tambang timah tepat di belakang Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Babel di Kota Pangkalpinang, Rabu (23/8).

Kegiatan dalam rangka HUT ke-78 RI ini terpusat di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra mengatakan, berbagai jenis bibit pohon ditanam antara lain bibit kayu putih 1.000 batang, bibit jambu mete 900 batang, bibit pohon pinang 600 batang, bibit manggrove 4.300 batang, bibit ketapang 500 batang.

Kemudian bibit alpukat 200 batang, bibit durian 200 batang, bibit mahoni 200 batang, bibit sukun 100 batang, bibit cemara laut 300 batang, bibit blangir 1.000 batang, bibit mangga 600 batang dan bibit kayu camplung 100 batang dengan total keseluruhan 10.000 bibit.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan dilaksanakan seluruh Indonesia untuk melakukan penanaman kebetulan di pusatkan di Labuan Bajo. Semua lahan kritis maupun lahan harus dihijaukan, harus dihijaukan kembali,” kata Yan Sultra.

Ia menuturkan, Babel memiliki banyak lahan kritis yang perlu dilestarikan kembali. Dengan gerakan ini diharapkan menimbulkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan.

“Karena banyak bekas penambangan yang ditinggalkan begitu saja, mungkin bertahun-tahun tetapi belum dilestarikan. Karena itu dengan gerakan ini mendorong semua pihak terutama untuk penanaman pohon,” ujarnya.

Menurut Yan, kegiatan seperti ini sebelum-sebelumnya terus dilanjutkan, tidak hanya di Polda melainkan diikuti oleh Polres jajaran. Tanaman yang sudah ditanam ini juga akan dipelihara kembali.

“Ini akan berlanjut terus mudah-mudahan kedepan gerakan sudah kami lakukan lima hektar per-kabupaten terus berlanjut. Ini lagi kembali bapak Kapolri perintahkan, tentunya akan berlanjut,” ucapnya. (SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.