Pengamanan Pemilu 2024, Polres Bangka Tengah Sudah Ajukan Rp 4 Miliar ke Pemkab

oleh -234 Dilihat
Mapolres Bangka Tengah. (Babel Pos)

KILASBABEL.COM – Kepolisian Resor Bangka Tengah sudah mengajukan anggaran pengamanan Pemilu 2024 ke Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Sudah kita ajukan ke Pemkab Bangka Tengah sekitar Rp4 miliar untuk kebutuhan pengamanan mulai dari tahapan hingga pelantikan,” kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono, Senin (28/8).

Pengajuan anggaran untuk kebutuhan pemilu itu sebagai bukti bahwa pihaknya sudah siap melakukan pengawalan dan pengamanan.

“Kita sudah siap, baik personel maupun perangkat pendukungnya dan mereka siap kita geser titik pengamanan jika tahapan sudah berjalan,” ujarnya.

Dwi Budi mengatakan bahwa pola pengamanan pemilu sama seperti pemilu sebelumnya, dengan memperketat penjagaan TPS dan kantor penyelenggara seperti KPU dan Bawaslu.

“Kita juga sudah melakukan pemetaan awal titik rawan konflik horizontal yang dipicu tingginya eskalasi politik,” ujarnya.

Namun demikian, kata dia, tingkat kerawanan pemilu bisa saja berubah sesuak dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat itu.

“Bisa saja yang kita anggap kondusif, justeru menjadi rawan ataupun sebaliknya yang kita petakan itu rawan tetapi situasinya aman terkendali,” ujarnya.

Semua itu kata dia tergantung pemicu dan eskalasi politik yang terjadi saat itu, namun yang pasti kata Budi aparat kepolisian tetap selalu siaga.

“Kita terus siaga, pemilu kita kawal 24 jam hingga hari pelantikan,” ujarnya.

Dwi Budi juga menegaskan, bahwa personel kepolisian tidak boleh terlibat politik praktis dan  wajib bersikap netral.

“Kita selalu tekankan kepada anggota, jaga netralitas dan itu wajib. Jangan ada yang terlibat politik praktis, karena tugas kita adalah pengamanan dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,” ujarnya.

 

Sumber : Antara.

No More Posts Available.

No more pages to load.