5 Keunggulan Nabi Muhammad Hingga Disebut Orang Barat Sebagai Teladan Zaman

oleh -245 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Nabi Muhammad selalu menjadi panutan dalam setiap zaman hingga akhir kiamat. Ucapannya, tingkah lakunya, perbuatannya selalu menjadi teladan bagi seluruh umat manusia. Bahkan orang-orang Barat mengeluarkan istilah ‘a man for all seasons‘ yang menggambarkan seorang lelaki yang sukses dalam berbagai aktivitas dan menjadi teladan dalam setiap waktu sepanjang zaman.

Misi Rasulullah SAW adalah menyampaikan ajaran Islam. Menyeru manusia untuk bertauhid yakni menegaskan Allah ta’ala. Tidak ada Tuhan selain Allah, Dia tak beranak dan tak diperankan. Dia satu-satunya yang berhak disembah.

Meski dalam mensyiarkan Islam, nabi Muhammad harus diasingkan dari masyarakatnya, bahkan membuat kehidupannya menjadi penuh bahaya, ia dan keluarga serta para sahabat terus mendapatkan ancaman dan kekerasan, namun Rasulullah tetap teguh untuk terus menyampaikan ajaran Islam.

Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Banyak ahli di berbagai bidang, baik Muslim maupun non-Muslim, menggambarkan Nabi Muhammad sebagai sosok yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan.

Keunggulan Nabi Muhammad dalam Berbagai Bidang

1. Nabi Muhammad adalah Seorang Pemimpin Agama

W. Montgomery Watt mendefinisikan seorang nabi sebagai, orang yang menyatakan gagasan-gagasan penting bagi pengalaman manusia. Ciri khas seorang nabi besar adalah bahwa ide-idenya sangat menarik bagi orang-orang yang dituju.

Menurutnya, nabi Muhammad mengambil perjanjiannya dengan Tuhan untuk menyebarkan pesan Islam; dengan sangat serius, dia mengkomunikasikan teks Alquran; pemahamannya tentang wahyu menjadi dasar seluruh ilmu pengetahuan Islam.

Dia mengajar para pengikutnya dengan cara yang menciptakan sarana bagi penyebaran Islam yang berkelanjutan. Nabi Muhammad dalam standar apa pun adalah pemimpin agama yang sangat baik .

2. Nabi Muhammad Seorang Pemimpin Militer

Nabi Muhammad adalah jenderal besar Islam pertama dan bisa dibilang pemimpin pemberontakan pertama di dunia. Dalam kurun waktu satu dekade ia bertempur dalam delapan pertempuran besar, memimpin delapan belas serangan, dan tiga puluh delapan aksi militer lainnya dilakukan di bawah perintah dan arahan strategisnya.

Menurut Richard A. Gabriel, seorang sejarawan militer dan profesor di Royal Military College of Canada, Nabi Muhammad dapat digambarkan sebagai “seorang jenderal lapangan dan ahli taktik yang hebat; (dia juga) seorang ahli teori militer, pembaharu organisasi, pemikir strategis, komandan tempur tingkat operasional, pemimpin politik-militer, prajurit heroik, dan revolusioner”.

3. Nabi Muhammad Seorang Negarawan

Nabi Muhammad menggunakan Alquran untuk mendirikan sebuah bangsa berdasarkan konsep Islam tentang keadilan dan toleransi. Di negara kota kecil yang kemudian dikenal sebagai Madinah, Nabi Muhammad menetapkan kebijakan dan institusi yang memungkinkan komunitas kecil untuk tumbuh menjadi negara yang unggul.

Nabi Muhammad menerjemahkan perintah Tuhan ke dalam hukum negara dan contoh terbaiknya adalah konstitusi Madinah. Konstitusi menetapkan standar bagi masyarakat. Ia menjunjung tinggi peraturan dan ketentuan yang mengatur fungsi negara, baik secara yudikatif maupun legislatif.

Juga termasuk syarat-syarat di mana perang dapat diumumkan dan kewajiban warga negara terhadap negara diuraikan. Kedua aturan ini secara khusus merupakan hal baru bagi masyarakat Madinah, dan kemudian bagi Kerajaan Islam. Konstitusi mengikat masyarakat berdasarkan kesamaan agama, bukan hubungan kekerabatan atau suku.

4. Nabi Muhammad sang Diplomat

Pada masa pra-Islam, diplomasi di Jazirah Arab tidak memiliki pertimbangan etis.

Nabi Muhammad mampu mempengaruhi pertumbuhan dan bentuknya dengan menambahkan perhatian etika dan moral. Dia memasukkan dalam perjanjian perdamaian diplomasinya, isu-isu yang berkaitan dengan tawanan perang, kerja sama internasional dan solidaritas antar negara.

Nabi Muhammad mengembangkan jaringan intelijen canggih yang melaluinya ia mampu mengikuti perkembangan terkini di wilayah tersebut. Hal ini memungkinkannya menjalin kontak dengan negara lain dan mengirim utusan serta komunikasi diplomatik.

Nabi Muhammad mengirim surat kepada Kaisar Heraclius dari Kekaisaran Romawi, Kaisar Khasru dari Kekaisaran Persia, penguasa Mesir Mukau Keus, Kaisar Ethiopia Najjashi dan lainnya mengajak mereka untuk memeluk Islam dan memerintah negara masing-masing dengan adil.

Jika memungkinkan, dia menegosiasikan perjanjian dan resolusi yang bermanfaat bagi negara Muslim yang masih baru.

5. Nabi Muhammad Sangat Perhatian Terhadap Keluarga

Saat ini, semua ini akan menjadi peran yang memiliki kekuatan tinggi. Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin agama , pemberi hukum, pembangun bangsa, jenderal militer yang perkasa, diplomat dan negarawan. Perilakunya ketika mengambil masing-masing peran ini adalah apa yang kita, sejauh ini, sebut sebagai praktik terbaik. Dia juga seorang pria berkeluarga. Dia adalah seorang suami, seorang ayah dan seorang kakek.

Perilaku Nabi Muhammad SAW dalam hubungan keluarganya adalah teladan yang patut ditiru oleh siapa pun di waktu dan tempat mana pun.

Nabi Muhammad adalah seorang suami yang penuh perhatian dan penyayang yang melakukan tugas rumah tangga termasuk merapikan dan memperbaiki pakaian. Beliau tidak pernah sekalipun meninggikan suara atau mengangkat tangan kepada istri-istrinya meskipun mereka sangat menguji kesabarannya.

Dia membesarkan empat anak perempuan dalam budaya dan tempat di mana bayi perempuan sering dikubur hidup-hidup dan terkadang dianggap sebagai kutukan. Nabi Muhammad adalah seorang kakek yang penyayang , bahkan terkadang membiarkan cucu-cucunya memanjatinya saat ia sedang salat berjamaah. Nabi Muhammad menasihati para pengikutnya untuk berbuat baik kepada keluarga mereka. Dia berkata:

Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan akulah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku.

Nabi Muhammad berhak menjadi manusia di segala musim. Dia sukses dalam peran apa pun yang dia jalani, mulai dari posisinya yang kesepian dan rendahan sebagai penggembala hingga pemimpin sebuah kerajaan besar. Perilakunya patut ditiru dalam segala situasi. Namun kesuksesan terbesarnya adalah menjadi Nabi dan Utusan Tuhan.

 

Sumber : Republika.

No More Posts Available.

No more pages to load.