Ini Dia Profil Dr. Safrizal ZA, yang Bakal Dilantik Mendagri Menjadi Pj Gubernur Babel

oleh -1019 Dilihat
Foto : by Wikipedia.

KILASBABEL.COM – Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si merupakan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yang dilantik oleh Menteri Dalam Negeri pada tahun 2020 lalu.

Putra pasangan dari Zakaria Ali dan Ainun Yusuf ini menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 3 Banda aceh.

Setelah lulus dari SMA, Syafrizal memutuskan merantau ke pulau Jawa dan melanjutkan pendidikannya ke ke APDN Nasional di Jatinangor dan lulus sebagai angkatan pertama STPDN.

Saat mengenyam pendidikan di STPDN, Syafrizal dipercaya sebagai Wakil Manggala Pati (Wakil Ketua BEM) pertama Manggala Korps Praja STPDN Jatinangor.

Usai menyelesaikan studinya di STPDN, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke IIP Jakarta, dan lanjut mengambil program Doktoral di Institut Pemerintahan Dalam Negeri  (IPDN).

Pria kelahiran Banda Aceh, 21 April 1970 ini mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat itu ia dipercaya menjabat sebagai Lurah Kota Lhokseumawe, Banda Sakti, Lhokseumawe pada tahun 1994.

Pada tahun 1998, ia kemudian diangkat menjadi Sekretaris Camat Kecamatan Makmur Kabupaten Aceh Utara.

Ternyata, Syafrizal pernah terlibat aktif dalam persiapan pemekaran Kabupaten Bireun mulai dari awal hingga Bireun resmi menjadi sebuah daerah kabupaten yang otonom.

Di Bireun sendiri, Syafrizal pernah menjabat sebagai Kasubbag Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada tahun 2000 silam.

Pada tahun 2001, Syafrizal kemudian kembali lagi ke Jakarta tepatnya ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Disana, ia menjabat sebagai Kasi Aceh dan DKI Jakarta Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otda Depdagri.

Rangkaian perjalanan dinas lingkungan Kemendagri telah dijalaninya sehingga membuatnya menjadi lebih matang dan kaya akan pengalaman tentang manajemen pemerintahan.

Khususnya yang berkaitan langsung dengan tata kelola pemerintahan Otonomi Khusus (Otsus), seperti Aceh, DKI, DIY dan Papua sebagai Direktur penataan daerah dan Otonomi Khusus pada tahun 2016.

Setelah menyandang gelar doktor dalam bidang Ilmu Pemerintahan di almamaternya (IPDN), Dr Safrizal ZA, MSi akhirnya dipercayakan sebagai Direktur Manajemen Bencana dan Kebakaran pada Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Setelah itu ia dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. Selama memangku jabatan tersebut Safrizal juga dipercaya sebagai Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Pada Februari 2021 lalu, Syafrizal dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan. Hal tersebut menyusul berakhirnya masa jabatan Gubernur Kalimantan Selatan sebelumnya.

Syafrijal diunjuk menjadi Penjabat lantaran saat itu proses Pilkada Provinsi Kalimantan Selatan belum terdapat pejabat definitif dan masih dalam proses di Mahkamah Konstitusi.

Ia menjadi Penjabat Guberur Kalimantan Selatan sejak Februari hingga Agustus 2021. Setelah itu, ia kemudian kembali bertugas di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Memasuki Minggu pertama bulan November 2023, namanya kembali menjadi perbincangan usai beredar kabar jika pria asal Aceh ini akan mengemban tugas lain yakni sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggantika Suganda Pandapotan Pasaribu. Kita simak bagaimana sepak terjang Syafrizal di Negeri Serumpun Sebalai ke depan.

 

Sumber : Tribunnews.com

 

No More Posts Available.

No more pages to load.