Istana Ungkap 4 Kandidat Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri

oleh -412 Dilihat
Foto : by ulasan.co

KILASBABEL.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera memberhentikan sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai ditetapkan sebagai tersangka. Kandidat pengganti Firli  Bahuri nanti akan dipilih dari empat Pimpinan KPK yang menjabat saat ini.

“Kandidatnya kan dari Pimpinan KPK saat ini,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (24/11).

Adapun empat pimpinan KPK saat ini yakni Alexander Marwata, Johanis Tanak, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron. Ari mengaku belum mengetahui siapa sosok yang akan menggantikan Firli Bahuri sebab hal tersebut merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

“Ini kan Pimpinan KPK yang sudah ada, jadi tinggal beliau menetapkan salah satu dari Pimpinan KPK menjadi Ketua (KPK) sementara,” jelasnya.

Jokowi Bakal Keluarkan Keppres

Ari menjelaskan, Jokowi akan mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) tentang Pemberhentian Sementara Firli Bahuri sebagai Ketua KPK dan Pengangkatan Ketua KPK sementara. Dia menyebut keppres tersebut telah disiapkan dan tinggal menunggu diteken Jokowi.

Menurut dia, Jokowi saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Kalimantan Barat. Sehingga, kemungkinan Keppres pemberhentian Firli Bahuri baru akan diteken Jokowi pada Jumat malam ini.

“Ya setelah beliau mendarat di Jakarta (keppres diteken),” ucap Ari.

Dia memastikan kekosongan jabatan Ketua KPK tak akan berlangsung lama. Ari menuturkan Ketua KPK sementara dapat menjabat apabila Jokowi sudah menandatangani dua Keppres tersebut.

“Ya ada tentu setelah Keppres itu di tandatangani Presiden, pasti ada ketua sementara, ada mekanisme yang harus diikuti UU terkait dengan ketua sementara,” pungkas Ari Dwipayana.

 

Sumber : liputan6.com

No More Posts Available.

No more pages to load.