Buat Angler di Babel, Ini Dia Trik Joss Memancing di Musim Hujan

oleh -211 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Memancing merupakan salah satu kebiasaan atau kegemaran yang biasa dilakukan oleh beberapa orang yang bertujuan untuk sekedar mengisi waktu luang atau mengembangkan bakat yang dimiliki. Untuk mereka yang mempunyai hobi memancing, pastinya begitu mempunyai waktu luang akan segera melakukan mancing, tidak peduli apakah cuaca sedang cerah, mendung atau bahkan hujan.
Tips and Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan Paling JOSS!

Memancing di saat hujan pastinya menimbulkan kesulitan tersendiri karena suhu air yang turun kadang membuat ikan enggan untuk memakan umpan, belum lagi keadaan pelampung yang selalu bergerak sehingga susah membedakan apakah umpan di makan ikan atau tidak. Agar bisa sukses mancing ikan walaupun dengan keadaan hujan, berikut ini Tips and Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan Paling JOSS!
1. Gunakan Pakaian Pelindung

Gunakan pakaian pelindung agar tubuh tidak basah oleh siraman air hujan. Menurut beberapa pemancing, dikatakan bahwa tubuh yang terus menerus tersiram air hujan saat memancing akan memicu terjadinya hipotermia yang ditandai dengan keadaan tubuh yang mengigil, tremor atau bahkan ketidakmampuan untuk mengendalikan pancing dan joran. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan pakaian pelindung.
2. Gunakan Teknik Melayang

Pada saat hujan lebat, biasanya ikan enggan bergerak ke permukaan, sehingga penggunaan pelampung harus di setel agak naik. Pelampung yang disetel agak naik akan mengakibatkan pemberat bergerak lebih cepat dalam hingga hampir mencampai dasar. Dengan posisi umpan yang melayang, ikan yang berukuran lebih besar akan cenderung lebih senang memakan umpan. Maka itu, disarankan untuk menggunakan teknik melayang saat mancing di musim hujan.
3. Hindari Tempat Yang Terbuka

Salah satu Tips and Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan Paling JOSS! yaitu sebaiknya anda menhindari tempat terbuka, apalagi jika hujan lebar yang turun diikuti dengan sambaran halilintar. Selain meminimalkan resiko tersambar petir, menghindari tempat terbuka juga meminimalkan kontak dengan air hujan yang cenderung mengakibatkan turunnya suhu permukaan tubuh dan memicu hipotermia. Oleh sebab itu selalu hindari tempat terbuka saat mancing di musim hujan.
4. Hindari Mancing di Tengah Aliran Sungai

Pada saat musim hujan, kondisi sungai sangat sering berubah, kadang banjir datang secara tiba-tiba. Maka dari itu jangan sekali-kali memancing dengan cara berada di bebatuan yang ada di tengah sungai. Karena apabila banjir datang tiba-tiba, anda tidak bisa cepat lari ke pinggiran sungai. Dan apabila anda mancing dengan posisi di bibir sungai, pastikan anda sudah tahu jalur evakuasi yang akan kita lewati apabila terjadi banjir bandang. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari mancing di tengah aliran sungai.
5. Gunakan Barel Swivel

Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa penggunaan penuntun umpan atau dikenal dengan barel swivel, akan memperbesar peluang keberhasilan saat turun hujan. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa penggunaan barel swivel yang berfungsi sebagai stoper timah, akan menyebabkan umpan terlihat bergerak secara alami mengikuti arus ikan dan ikan akan lebih tertarik untuk menghampiri kail. Sehingga disarankan untuk menggunakan barel swivel pada saat mancing ikan di musim hujan.
6. Sesuaikan Umpan Yang Anda Gunakan

Tips and trick yang terakhir yaitu jangan lupa untuk menyesuaikan umpan dengan jenis ikan yang hendak dipancing. Sebagai contoh umpan cacing posphor mungkin cocok digunakan untuk memancing ikan nila, sedangkan umpan ulat daun pisang mungkin hanya cocok digunakan untuk memancing ikan mujair. Dengan menyesuaikan jenis umpan dengan ikan yang hendak dipancing, maka peluang keberhasilan akan makin besar. Ketika hujan, usahakan umpan yang digunakan lebih amis agar tidak kalah dengan aroma air hujan. Khusus untuk ikan melem biasanya dimusim hujan lebih menyukai hewani dan roti.

 

Sumber : atmago.com

No More Posts Available.

No more pages to load.