Launching Samsat Drive Thru, Pj Gubernur : Pelayanan Pembayaran PKB Lebih Mudah & Cepat

oleh -221 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Akhirnya, pelayanan Samsat Drive Thru kini dapat dinikmati masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) guna pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang lebih mudah dan cepat. Peresmian gedung serta launching pelayanan publik ditandai dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti yang dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Safrizal ZA pada Selasa, (30/1/2024).

Adapun lokasi Gedung Samsat Drive Thru ini berlokasi di Taman UMKM Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang. Pelayanan Drive Thru dapat dinikmati dengan jam operasional pukul 07.45-13.30 WIB (Senin-Kamis), Jumat Pukul 07.45-11.00 WIB, dan Sabtu Pukul 07.45-12.30 WIB.

Pelayanan drive thru ini sudah dimulai sejak 2 Januari 2024 dengan ketentuan pelayanan khusus PKB dalam satu tahun dengan hanya membawa KTP dan STNK asli.

Pj Gubernur Safrizal ZA dalam sambutannya sangat mengapresiasi terobosan guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karenanya, saya sangat mengapresiasi launching inovasi yang dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari ini yakni Samsat Drive Thru. Inovasi pelayanan diharapkan selalu mengedepankan prinsip faster, easier, cheaper dan better,” ujarnya.

Inovasi ini dikatakannya merupakan komitmen
Bakuda Provinsi Kepulauan Babel guna Meningkatkan penerimaan pajak derah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini mengungkapkan bahwa pajak daerah merupakan kontributor utama PAD, yakni sebesar 87,96%. Dimana, pada tahun 2023 yang lalu, realisasi pajak daerah sebesar Rp 889.757.101.454,42.

“Sementara pada tahun 2024 Ini, Target Pajak Daerah Mengalami Peningkatan Menjadi Rp. 953.693.248.600,00 atau sebesar 11,34%,” bebernya.

Menutup sambutannya, dirinya berharap Samsat Drive Thru sebagai inovasi alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor satu tahunan untuk masyarakat sekitar Air Itam dan ASN Pemprov Kepulauan Babel agar kewajiban membayar PKB dapat terlaksana.

“Pada akhirnya dengan peresmian gedung dan launching pelayanan Samsat Drive Thru diharapkan target penerimaan pajak daerah sektor pajak kendaraan bermotor dapat tercapai bahkan ditingkatkan. Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inovasi ini saya harap tidak hanya sampai di sini, saya tunggu inovasi selanjutnya,” pungkasnya.

Terakhir, pria kelahiran 1970 tersebut juga memotivasi masyarakat untuk memenuhi kewajiban untuk taat pajak dengan slogan motivasi “Orang Ganteng, Taat Pajak”. Dalam acara ini juga diisi dengan kegiatan simulasi pembayaran PKB serta peninjauan area pelayanan Samsat Drive Thru.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Bakuda sekaligus Pj Bupati Bangka M. Haris, Wakapolda Babel Brigjen Pol. Drs. Sugeng Suprijanto, S.H, Koordinator Kejati Yusmanelly SH., MH, Kasrem Kolonel Inf Marsal Dany, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Deni Indra, M.S.Sos,Tr.Hanla,M.M, Danposau Bangka Kapten Lek Agus Sutarto, serta tamu undangan lainnya. (SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.