Buaya 2,5 Meter Ditemukan di Sungai Salim Tua Tunu, BKSDA Akan Evakuasi

oleh -411 Dilihat
Foto : by Tribunnews.

KILASBABEL.COM – Seekor buaya sepanjang 2,5 meter berhasil ditangkap warga, dari Sungai Salim atau tepatnya di belakang Masjid Tuatunu Raya, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (30/1/2024) kemarin.

Rencananya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Bangka akan melakukan evakuasi  buaya tersebut.

Kepala Resor Konservasi Wilayah Bangka BKSDA Dedi Susanto mengatakan, buaya yang ditangkap pada Selasa (30/1/2024) sekitar pukul 14.00 WIB kemarin itu akan dibawa menuju ke tempat penangkaran.

“Kita kan dapat informasi kemarin sore ada buaya tertangkap oleh masyarakat di Tua Tunu, jadi bersama degan Alobi Foundation akan kita evakuasi ke penangkaran satwa di Merawang,” kata Dedi Susanto, Rabu (31/1/2024).

Dedi juga menjelaskan, selain bakal melakukan evakuasi pada buaya yang sebelumnya ditempatkan di lapangan bola tak jauh dari aliran Sungai Salim tersebut, pihaknya juga memberikan sosialisasi pada warga yang tinggal di sekitar habitat buaya muara.

“Kami memberikan pemahaman kalau buaya ini dilindungi, sehingga harus segera dievakuasi. Selain itu bersama Alobi, selalu menghimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan, karena pada dasarnya satwa tidak akan mengganggu kalau habitat mereka tidak rusak,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dedi juga menyebutkan jika penyebab banyaknya interaksi negatif antara buaya dan manusia di beberapa wilayah Pulau Bangka tidak terlepas dari semakin rusaknya habitat tempat tinggal buaya.

“Kalau kami melihatnya hanya karena musim kawan atau apa, tetapi karena banyaknya aktifitas non-prosedural di kawasan habitat (buaya),” paparnya.

 

 

Sumber : Bangka Pos

 

No More Posts Available.

No more pages to load.