2.404 WBP Lapas di Babel Gunakan Hak Pilih Pemilu 2024

oleh -530 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Sebanyak 2.404 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk menggunakan hak pilih memilih calon presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif pada Pemilu 2024.

“Hari ini ribuan WBP di tujuh lapas, rutan dan LPKA akan menggunakan hak pilihnya,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepulauan Babel Kunrat Kasmiri di Pangkalpinang, Rabu (14/2/2024).

Ia mengatakan sebanyak 2.404 WBP dan tahanan akan memberikan hak pilihnya di 11 TPS Khusus di dalam lapas dengan rincian 471 WBP akan memilih pada 2 TPS di Lapas Pangkalpinang, 905 WBP pada 3 TPS di Lapas Narkotika Pangkalpinang.

Selanjutnya, 449 WBP pada 2 TPS di Lapas Sungailiat, 238 WBP akan memilih pada 1 TPS di Lapas Tanjungpandan, 106 WBP memilih pada 1 TPS di Lapas Perempuan Pangkalpinang, 24 Anak Binaan memilih pada 1 TPS di LPKA Pangkalpinang dan 211 WBP akan memilih pada 1 TPS di Rutan Muntok.

“Para WBP dan tahanan ini akan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya, tidak ada paksaan dan intervensi dari petugas serta pihak lainnya,” ujarnya.

Ia menyatakan sejak awal 2023, pihaknya telah melakukan upaya pemenuhan data pemilih melalui koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pelaksanaan pencoblosan hingga penghitungan surat suara nanti, tentunya dikawal oleh KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan para saksi dari partai politik untuk memastikan pesta demokrasi di lapas berlangsung aman, tertib dan jujur serta adil,” katanya.

Sementara itu, pantauan ANTARA di sejumlah TPS Kota Pangkalpinang pada Rabu (14/2/2024) pukul 07.15 WIB hingga 09.30 WIB terlihat warga berbondong-bondong menuju TPS untuk menggunakan hak pilih memilih calon presiden, wakil presiden, DPR, DPD RI, DPRD provinsi, kabupaten dan kota.

Antusias masyarakat di Kota Beribu Senyuman itu, misalnya di TPS 03, 04, 05, 11, 12 dan TPS 13 serta lainnya warga terlihat antri menunggu panggilan untuk melakukan pencoblosan surat suara.

Kondisi cuaca yang cukup cerah, warga tidak hanya terlihat antri di dalam TPS tetapi juga di pintu masuk TPS untuk melihat nama-nama calon presiden, atau hanya melihat tata tertib menggunakan hak pilih memilih presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif.

 

Sumber : Antara.

No More Posts Available.

No more pages to load.