Manfaatkan Program PUMK PT Timah, Usaha Kantin Abarusin di Pelabuhan Tanjung Berlian Kian Ramai

oleh -127 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – Menjalankan sebuah usaha tak semudah dan seindah yang dipikirkan, banyak lika-liku serta tantangan yang dihadapi. Hal inilah yang diungkapkan Abarusin salah satu mitra binaan PT Timah.

Abarusin menjalankan usaha kantin makanan yang terletak di Pelabuhan Tanjung Berlian, Kelurahan Tanjung Berlian Kota, Kecamatan Kundur Utara.

Ia menyediakan berbagai makanan bagi para penumpang maupun petugas di Pelabuhan. Abarusin telah menjalani usaha ini sejak tujuh tahun silam, seiring waktu semakin terus berkembang dengan dukungan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah.

Menurut Abarusin, dulu Plabuhan Tanjung Berlian belum sebesar dan ramai seperti saat ini. Namun sekarang Pelabuhan ini maju pesat sehingga juga berdampak pada kemajuan usahanya.

“Dulu tempat saya jualan bersama istri hanya meja kecil di tepi jalan menuju Pelabuhan, Alhamdulillah sekarang sudah semakin maju,” katanya beberapa waktu lalu.

Saat pelabuhan semakin maju, jumlah penumpang semakin dan pelanggannya juga semakin bertambah. Abarusin merasa kebingungan untuk mencari modal agar bisa mengembangkan usahanya, padahal peluang sudah di depan mata.

“Kami ingin memanfaatkan peluang kemajuan pelabuhan ini untuk mengembangkan usaha kantin ini, tapi membutuhkan modal yang tidak sedikit dan itu yang menjadi kendala kami,” katanya.

Untuk mendapatkan tambahan modal, Abarusin terus mencari informasi tentang pinjaman modal yang tidak memeberatkannya.

“Setelah mengetahui adanya Program PUMK yang ada di PT Timah saya memberanikan untuk menyambangi kantor PT Timah di Wilayah Kundur guna memastikan informasi tersebut dengan seksama,” katanya.

Ia bersyukur setelah mendapatkan informasi dan memenuhi persyaratan, permohonannya untuk mendapatkan pinjaman modal dari PT Timah dapat disetujui.

“Syukur Alhamdulillah permohonan saya dapat diterima. Modalnya saya gunakan untuk menambah peralatan seperti meja, kursi dan lain-lainnya supaya pelanggan betah dan merasa nyaman. Sehingga akan menarik pelanggan lainnya datang untuk sekedar ngopi dan juga makan,” ucapnya.

Setelah perlengkapannya bertambah usahanya semakin maju, pelanggan semakin banyak.

“Alhamdulillah juga usaha saya menjadi semakin berkembang karena para pelanggan merasa nyaman duduk ngopi sambil menunggu jadwal kapal berangkat,” ucapnya.

Abarusin menyebutkan, program PUMK dari PT Timah sangat bagus dan membantu para pelaku UMKM karena banyak kemudahan serta keringanan.

“Semoga dengan adanya Program PUMK dari PT Timah ini masyarakat dan pelaku usaha kecil di Kecamatan Kundur Utara juga mampu berkembang dan bersaing,” tandasnya. (SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.