Karya Nyata Festival Vol. 5.0 di Pulau Belitung Hadirkan Beragam Kegiatan Seru, Ada Fashion Show Hingga Bazar UMKM

oleh -143 Dilihat
Foto : istimewa.

KILASBABEL.COM – PT Timah Bersama BUMN di Bangka Belitung turut menyemarakkan kegiatan ‘Karya Nyata Festival Vol. 5.0’ yang diinisiasi Kementerian BUMN. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Pendam Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung pada Jumat (16-18/2/2024).

Karya Nyata Festival Vol. 5.0 menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan Bazar UMKM, lomba masak gangan, parade musik, lomba fashion kreatif, makan bedulang, ngopi bareng, teater kolosal, penampilan Topan & Friends, permainan tradisional dan lomba menghias dulang.

Selain membangkitkan geliat sektor ekonomi, kegiatan Karya Nyata Festival Vol. 5.0 ini juga sebagai ajang dan upaya Kementerian BUMN untuk membangkitkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Karya Nyata Festival Vol. 5.0 bertajuk ‘Ngangkit Batang Terendam’ yang bermakna memunculkan sesuatu yang telah lama hilang, menjadi tema Karya Nyata Festival yang kelima ini.

Salah satu rangkaian kegiatan yang turut menyedot perhatian masyarakat yakni fashion show kreatif yang menampilkan busana tradisional modern.

Staff Khusus III Mentri BUMN Arya Mahendra Sinulingga saat menghadiri kegiatan ini mengatakan, Kementerian BUMN memberikan ruang bagi UMKM-UMKM untuk mendapatkan tempat mengikuti pameran dan festival. Dimana kali ini dilakukan di Bangka Belitung.

Menurut Arya, kegiatan seperti ini merupakan langkah-langkah dari Menteri BUMN Erick Tohir untuk mendorong upaya dan pengembangan pelaku UMKM agar bisa mempromosikan produknya.

“Belitung ini menjadi salah satu daerah Geoparknya UNESCO, secara wisata ini sudah bagus sekali. Walaupun kita tahu sekarang ini ada penurunan angka wisatawan setelah corona, maka ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan pariwisata dan meningkatkan kunjungan ke Belitung seperti sebelum corona,” ujar Arya.

Salah satu peserta yang ikut terlibat dalam fashion kreatif Firni (17) mengatakan, dirinya hampir tak mengikuti perlombaan ini, karena kurangnya persiapan.

“Saya baru nyiapin baju ini semalam, karena daftarnya juga mendadak. Awalnya ragu mau ikut atau tidak, sebab tidak punya baju yang sesuai tema, tapi setelah dicari-cari dan dikombinasikan dengan property yang ada, Alhamdullilah ada dresscode yang sesuai temanya,” ujar Siswi Kelas 3 SMK N 1 Tanjung Pandan tersebut.

Meski sudah sering mengikuti fashio show dan berhasil meraih juaranya, menurutnya pengalaman dalam ajang Karya Nyata Festival ini berbeda dan berkesan baginya.

“Senang, seru dan bangga juga bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini, dan tentunya asik bisa bertemu dengan teman-teman baru juga, karena baru kenal juga diperlombaan ini,” katanya.

Ia berharap, kedepannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin sehingga bisa menyalurkan hobi anak-anak muda.

“Buat PT Timah dan teman-teman BUMN yang lain semoga sukses selalu, serta semoga kedepannya bisa menyelenggarakan acara-acara seperti ini lagi, agar para generasi millenialnya bisa menyalurkan hobi serta bakatnya,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.