Beltim jadi Kabupaten Pertama di Babel yang Terima WTP dari BPK

oleh -228 Dilihat
Bupati, Burhanudin saat terima pengembalian LKPD dari Kepala BPK RI perwakilan Babel. (Foto : Prokompim Beltim)

KILASBABEL.COM – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Bangka Belitung yang menerima predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Senin (20/5/2024).

Hal ini disampaikan Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Flora Anita Diassari saat memberikan predikat WTP Kepada Bupati, Burhanudin dan Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktolseja, di Ruang Auditorium BPK RI Provinsi Babel, beberapa waktu lalu.

Flora Anita Diassari, menjelaskan kenapa Pemkab Beltim menjadi yang pertama menerima Opini WTP tahun ini, karena Pemkab Beltim sudah sejak awal menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke BPK RI Perwakilan Babel.

“Pemerintah Kabupaten Belitung Timur merupakan kabupaten pertama yang menyerahkan LKPD kepada kami, tepatnya pada 18 Maret 2024, sehingga menurut Undang-Undang paling lambat 2 bulan sejak diserahkan kami harus melakukan pemeriksaan dan menyerahkan hasil pemeriksaan tim audit Pemkab Beltim,” Kata Flora Anita Diassari.

Dijelaskan oleh Flora Anita Diassari, opini WTP merupakan kewajiban bagi semua instansi yang diperiksa BPK. Meskipun sebuah entitas mendapatkan opini WTP, dalam keadaan tertentu BPK memberikan catatan dalam bentuk rekomendasi yang harus ditindaklanjuti.

Setelah itu, BPK akan mengeluarkan laporan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang telah diterbitkan sebelumnya. Dengan demikian, pemeriksaan BPK tak berhenti setelah sebuah kabupaten mendapatkan opini WTP, Namun masih ada kewajiban lain yang harus ditindaklanjuti sebagai audit atau terperiksa.

“Kami berharap agar beberapa rekomendasi yang kami berikan segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Beltim karena waktu penyelesaian yang diberikan hanya 60 hari,” lanjutnya.

Selain itu, Burhanudin juga menghaturkan terimakasih yang mendalam kepada seluruh pegawai Pemkab Beltim atas komitmen dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Tidak lupa juga ia pun memberikan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Belitung Timur atas kolaborasi dan sinergi yang terjalin sehingga Pemkab Beltim kembali meraih WTP.

“WTP ini tentu saja hasil dari kinerja seluruh pegawai Pemkab Beltim dalam menyajikan setiap laporan keuangan secara akuntabel dan transparan serta kolaborasi dan pengawasan dari DPRD Belitung Timur, untuk itu melalui kesempatan ini saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai Pemkab Beltim dan DPRD Beltim,” ujarnya.

Sementara, Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyebut, penerimaan WTP ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Belitung Timur dalam mengelolah anggaran sesuai dengan aturan.

Selain itu, Burhanudin juga menghaturkan terimakasih yang mendalam kepada seluruh pegawai Pemkab Beltim dan DPRD Beltim atas komitmen dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan, sehingga Pemkab Beltim kembali meraih WTP.

“WTP ini tentu saja hasil dari kinerja seluruh pegawai Pemkab Beltim dalam menyajikan setiap laporan keuangan secara akuntabel dan transparan serta kolaborasi dan pengawasan dari DPRD Belitung Timur, untuk itu melalui kesempatan ini saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai Pemkab Beltim dan DPRD Beltim,” ujarnya. (SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.