Tiga SMK Ini Paling Diminati Siswa di Babel

oleh -199 Dilihat
Siswa SMKN 5 Pangkalpinang mengikuti salah satu kegiatan. (Antara)

KILASBABEL.COM – Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat ada tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang selalu banyak diminati para siswa – siswi SMP dan MTs dari 59 SMK yang ada di Babel.

“SMK 2 Pangkalpinang, SMK 1 Pangkalpinang dan SMK 5 Pangkalpinang ini yang paling banyak peminatnya,” kata Kabid SMK Dinas Pendidikan Babel, Saiful di Pangkalpinang, Kamis (13/6/2024).

Saiful mengatakan, ketiga SMK Negeri yang terletak di Pangkalpinang itu paling banyak diminati para siswa karena jurusan yang ada di SMK tersebut cukup banyak seperti di SMK Negeri 2 Pangkalpinang ada 10 jurusan dari otomotif, las, IT dan perbengkelan.

Begitu juga di SMK Negeri 1 Pangkalpinang itu ada 4 jurusan yang jurusannya mengarah ke manajemen bisnis seperti akuntansi, perkantoran, pemasaran dan design komunikasi visual.

Sedangkan SMK Negeri 5 yang dikenal sebagai SMK Farmasi itu menawarkan 2 jurusan yakni farmasi dan teknik laboratorium medik yang masing-masing jurusan hanya ada 3 roumbel atau 3 kelas.

“Tiga SMK tersebut selalu menjadi pilihan utama, seperti SMK 2 Pangkalpinang itu pendaftarnya saja mencapai 1.000 orang, yang diterima hanya 600 nanti setelah mereka lulus sekolah mereka bisa siap bekerja atau membuka usaha bengkel sendiri,” terang Saiful.

Saiful menambahkan, selain ada SMK yang diminati, ada juga SMK yang kurang peminatnya oleh siswa siswi SMP MTs yakni SMK Negeri Pelayaran yang ada di Pangkalbalam Pangkalpinang.

“SMK pelayaran yang kurang peminatnya karena disitu jurusan nautika kapal penangkap ikan dan teknik kapal niaga, agri bisnis perikanan air laut dan payau serta agri bisnis pengolahan hasil yang banyak diartikan masyarakat bahwa lulusan SMK ini menjadi nelayan,” ujarnya.

 

 

Sumber : Antara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.