Kelurahan Bukit Besar Siap Jadi Pioneer Program Kampung Iklim di Pangkalpinang

oleh -674 Dilihat
Kantor Lurah Bukit Besar Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang. (ist)

KILASBABEL.COM – Usai proses verifikasi dari Balai Pengendalian dan Perubahan Iklim Wilayah Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya menyatakan siap menjadi pioneer untuk Program Kampung Iklim di Kota Pangkalpinang.

Hal tersebut disampaikan Lurah Bukit Besar Yurdani, SH di sela-sela tahapan verifikasi, Jumat (21/6/2024). Ia menegaskan, pihak kelurahan bersama stakeholder terkait baik masyarakat, pelaku usaha, pegiat lingkungan di wilayah kerjanya berkomitmen untuk mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut.

“Program Kampung Iklim (ProKlim) yang ditetapkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat ini merupakan salah satu langkah strategis dalam membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama di tingkat lokal khususnya kami di Kelurahan Bukit Besar. ProKlim memuat aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim oleh kelompok masyarakat dalam upaya meningkatkan ketahanan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca atau berkontribusi menahan kenaikan suhu rata-rata global. Upaya nyata yang sudah dan akan kami lakukan pun beragam,” terang Yurdani.

Tim Verifikasi Proklim Gelar Program Binaan Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Pangkalbalam di Kelurahan Bukit Besar, Jumat (21/6/2024). (ist)

Ia melanjutkan, mengacu pada ketentuan, Proklim mengaplikasikan konsep pemberdayaan masyarakat atau Community Based Development. Dalam pemberdayaan masyarakat, berbagai hal lain menjadi aspek yang ikut diperhatikan seperti; institusi penunjang dalam proses produksi, kesetaraan (equity), keamanan (security), keberlanjutan (sustainability) dan kerjasama (cooperation), yang pemanfaatan sumber daya lokal (local resource based).

“Makanya kawan-kawan yang terlibat, baik kader-kader PKK, pelaku-pelaku usaha, maupun seluruh stakeholder terkait kita arahkan untuk mendukung program ini. Bukit Besar memiliki potensi untuk mensukseskan ProKlim, dan hal tersebut sudah kami mulai melalui upaya Sahabat Firm. Namun kami juga tidak bisa bergerak sendiri. Butuh support dan effort dari pihak terkait baik Pemerintah Kota Pangkalpinang maupun lembaga-lembaga yang ada. Tak lupa juga kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pertamina Patra Niaga sudah memberikan kesempatan kepada Bukit Besar untuk masuk dalam proses verifikasi program ini. Kami harap, ke depan upaya nyata kita dapat terus dilaksanakan melalui Program ProKlim sehingga bisa kita bagikan pengalaman di Bukit Besar kepada kelurahan-kelurahan lain yang ada di Pangkalpinang,” pungkas Yurdani. (Mg7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.