Ini Dia Asal Muasal Nama “Bangka”

oleh -69 Dilihat
Peta Pulau Bangka. (net)

KILASBABEL.COM – Pulau Bangka, Jawi: ڤولو بڠكـ adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatra, Indonesia dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Luas pulau Bangka ialah 11.693.54 km².

Bangka menurut bahasa sehari-hari masyarakat Bangka mengandung arti “sudah tua” atau “sangat tua”, sehingga pulau Bangka dapat diartikan sebagai “pulau yang sudah tua”. Bila merujuk pada kandungan bahan galian yang terdapat di daerah ini, pulau Bangka banyak mengandung bahan-bahan galian mineral yang tentunya terjadi dari proses alam yang berlaku berjuta-juta tahun. Salah satu contohnya adalah bahan galian timah, oleh karenanya masyarakat menyebutnya dengan sebutan Pulau Bangka.

Dalam Epos Ramayana disebutkan berbagai pulau di Nusantara seperti Yawadwipa, Suwarnadwipa dan Rupyakadipa. Yawadwipa merujuk kepada Pulau Jawa saat ini dengan tanahnya yang subur dengan komoditas utama berupa padi. Suwarnadwipa dengan komoditas utama barang tambang berupa Emas. Dan Rupyakadwipa (Pulau Perak) yang diduga adalah Pulau Bangka yang juga mempunyai banyak tambang.

Kata bangka dapat juga berasal dari kata wangka yang artinya timah. Karena di daerah ini ditemukan bahan galian timah, maka disebut Pulau Timah. Karena pergeseran atau bunyi bahasa yang berubah maka masyarakat lebih lekat memanggil pulau ini dengan kata Pulau Bangka atau pulau bertimah. Menurut cerita rakyat, Pulau Bangka tidak mempunyai penduduk asli, semua penduduk adalah pendatang dari suku yang diberi nama suku sekak. Masyarakatnya masih menganut animisme. Kemudian masuk bangsa melayu dari daratan malaka dengan membawa agama Islam yang kemudian berkembang sampai sekarang.

 

 

Sumber : wikipedia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.