Sosok Irjen Pol Hendro Pandowo, Jebolan Akpol 1991 Yang Jabat Kapolda Bangka Belitung

oleh -251 Dilihat
Irjen Pol Hendro Pandowo. (istimewa)

KILASBABEL.COM – Inspektur Jenderal Polisi Drs. Hendro Pandowo M.Si adalah salah satu dari 6 Perwira Tinggi Polri yang turut menjalani prosesi Upacara serah terima jabatan (sertijab) sebagai Kapolda di Mabes Polri pada Senin (29/7/24) lalu.

Dirinya secara resmi menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang saat ini menjabat sebagai Pati Baharkam Polri.

Tak sampai disitu, dirinya juga semakin mantap mengemban amanah sebagai Kapolda Bangka Belitung usai menerima bendera Pataka Polda Bangka Belitung Surakarya Manggala Satya dalam prosesi Farewale Parade di Mapolda Bangka Belitung pada Kamis (1/8/24) lalu.

Profil Irjen Pol Hendro Pandowo

Irjen Pol Drs. Hendro Pandowo M.Si adalah seorang Perwira Tinggi (Pati) Polri kelahiran Kota Malang Jawa Timur, 12 Januari 1969.

Jenderal Bintang Dua Polri ini merupakan jebolan lulusan Akabri tahun 1991 yang mengawali karirnya didunia Kepolisian sebagai Perwira Pertama (Pama) Polda Jawa Barat pada tahun 1992 hingga tahun 1993.

Jenderal lulusan Sespimmen Polri tahun 2007 ini juga pernah menduduki sejumlah jabatan Kepala Kesatuan wilayah diantaranya Kapolres Purwakarta ditahun 2009, Kapolres Bandunt tahun 2010, Kapolres Metro Jakarta Pusat tahun 2014 dan Kapolrestabes Bandung tahun 2016 dan tahun 2017.

Sebelum menduduki jabatan sebagai Kapolda Bangka Belitung, Jenderal yang berpengalaman dibidang Reserse ini tercatat telah menduduki sejumlah jabatan strategis.

Diantaranya, Karo Provos Divpropam Polri pada tahun 2018, Wakapolda Metro Jaya tahun 2020 dan terakhir menjabat sebagai Staf Ahli Sosial dan Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri ditahun 2023.

Selain dikenal ramah dan humoris, sosok lulusan Lemhanas tahun 2016 ini juga dikenal memiliki sederet prestasi yang luar biasa.

Dirinya tercatat pernah menangani kasus serangan dan aksi bom bunuh diri dikawasan Plaza Sarinah saat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat serta pemberantasan aksi kriminal yang dilakukan oleh geng motor kala dirinya menjabat sebagai Kapolresta Bandung.

Kini, kiprahnya dinantikan sebagai pucuk pimpinan Kepolisian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tentunya, lewat jejak yang gemilang, dirinya dipercaya mampu menjaga situasi kamtibmas serta tegas dalam penegakkan hukum di wilayah bumi Serumpun Sebalai. (SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.