Target Indonesia Emas 2045 Butuh Dukungan Semua Pihak

oleh -208 Dilihat
Presiden Joko Widodo menerima Prabowo Subianto di ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta tahun 2019 silam. (Foto: Presidenri.go.id)

KILASBABEL.COM – Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Nurhadi menilai untuk mencapai target Indonesia Emas 2045 memerlukan dukungan semua pihak. Menurutnya, target tersebut harus dilakukan multi-stake holder (pemangku kepentingan), tidak hanya pemerintah.

Demikian dikatakan Nurhadi  sebagaimana dikutip dari rri.co.id, Senin (5/8/2024). “Setiap sektor, setiap aktor harus mendukung upaya pemerintah, upaya kita bersama untuk mewujudkan  Indonesia Emas 2045,” katanya.

Menurutnya, munculnya kelompok masyarakat seperti, Forum Masyarakat Indonesia Emas semakin  memperbanyak sinergi mewujudkan Indonesia Emas. Apalagi, Indonesia Emas juga melibatkan banyak bidang yang harus diwujudkan.

“Pekerjaan Rumah di masing-masing bidang sebagaimana kalau kita lihat RPJMN itu masih sangat berat,” ujarnya. Nurhadi menilai, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mempunyai arah yang jelas.

“Saya kira pemerintahan yang baru ini tidak bekerja dari nol. Sehingga, komitmennya bukan komitmen yang baru sama sekali,” ucapnya.

Menurutnya, momentum pergantian pemerintahan nanti dapat digunakan untuk meneguhkan kembali komitmen Indonesia Emas 2045. “Pak Prabowo sebagai presiden, saya kira disertai dengan perubahan peran-peran aktor di level nasional dan daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Nurhadi meminta pemerintahan Prabowo-Gibran dapat fokus dalam mencapai target Indonesia Emas 2045. Terutama di lima tahun pertama pemerintahannya.

“Tentu yang pertama soal SDM ya. Ini sangat penting karena apapun pembangunannya membutuhkan SDM yang baik,” ucapnya.

Nurhadi meyakini, peningkatan SDM dapat menjadi kunci keberhasilan. Selain itu, pemerintahan yang baru harus fokus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kita tahu pemerintahan yang baru mencanangkan pertumbuhan 8 persen. Ini terlalu optimis, barangkali pemerintahan yang baru perlu melakukan gebrakan,” katanya.

Sebelumnya, Forum Masyarakat Indonesia Emas berkomitmen untuk mendukung program pemerintahan baru Prabowo-Gibran dalam upaya mewujudkan SDM unggul Indonesia Emas 2045. “Kami telah sepakat untuk bersama sama mengawal dan mendukung program pemerintahan Prabowo-Gibran dalam mewujudkan harapan bersama Indonesia Emas 2045,” kata Ketua Umum (Ketum) Forum Masyarakat Indonesia Emas Handoyo disela-sela kegiatan dialog nasional dengan tema “Program Makanan Bergizi untuk Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Kegiatan ini digelar di Auditorium Abdulrahman Saleh, RRI, Jalan Medan Merdeka Barat 4-5, Jakarta Pusat, Sabtu, (3/8/2024).

Lebih lanjut Handoyo menyampaikan, untuk mewujudkan program Indonesia Emas 2045 di Indonesia saat ini tentu tidak mudah. Pasalnya, berbagai persoalan dan juga tantangan harus dihadapi pemerintahan baru Prabowo-Gibran.

“Tantangan atau persoalan yang harus dihadapi pemerintahan baru Prabowo-Gibran itu diantaranya, yakni kemiskinan, kesehatan, stunting, pendidikan dan lainnya. Itu semua tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintahan baru Prabowo Gibaran,” ujarnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.