Marak Pencurian Rumah Kosong di Wilayah Babel, Polda Imbau Hal Ini ke Masyarakat

oleh -284 Dilihat
Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo. (ist)

KILASBABEL.COM – Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo menghimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan menyusul maraknya aksi pencurian yang terjadi dibeberapa wilayah di Bangka Belitung.

“Kami menghimbau warga masyarakat untuk bisa berhati-hati lagi terutama dalam meninggalkan rumahnya,” kata Jojo Sutarjo, Selasa (6/8/24) siang.

Diakui Jojo, dalam beberapa kasus pencurian yang terjadi, rumah kosong menjadi sasaran dari aksi pencurian para pelaku tindak pidana.

“Sasarannya rumah kosong, jadi masyarakat diminta apabila meninggalkan rumahnya pastikan terkunci dan bisa juga menyampaikan ke tetangga dekat,”  ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga turut melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi terjadinya kejadian tindak pidana di masyarakat.

Seperti halnya meningkatkan peran Bhabinkamtinmas diwilayahnya, patroli dari Direktorat Samapta, patroli biru dari Direktorat Lalu Lintas serta antisipasi residivis kambuhan dari Ditreskrimum.

“Langkah dan antisipasi kami ini tentunya untuk memastikan situasi kamtibmas di Bangka Belitung aman dan kondusif,” ungkapnya.

Sementara itu, Mantan Kapolres Beltim ini juga membeberkan bahwa jumlah kasus tindak pidana konvensional seperti curat, curas maupun curanmor mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2023.

Menurut Jojo, jumlah kasus tindak pidana konvensional 3C ditahun 2023 terjadi sebanyak 449 kasus. Sedangkan pada tahun 2024 di semester 1 sudah terjadi 417 kasus.

“Persentasenya berkisar 50% lebih jika kita melihat data. Tentunya ini juga imbas dari dampak perekonomian yang ada di Babel saat ini,” tuturnya.

“Oleh karenanya, kami mengajak masyarakat dan semua stakeholder terkait mari kita bersama-sama saling menjaga situasi kamtibmas yang aman dan nyaman di Bangka Belitung ini,” pungkas Jojo. (SP)

No More Posts Available.

No more pages to load.