Gelombang Tinggi, HNSI Bangka Imbai Nelayan Waspada

oleh -284 Dilihat
Foto : ilustrasi. (net)

KILASBABEL.COM – Masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Bangka mendapat imbauan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka untuk meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di laut pada esok hari.

Hal tersebut dilakukan HNSI Kabupaten Bangka dalam merespon adanya peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang adanya potensi gelombang tinggi.

Ketua HNSI Kabupaten Bangka Ridwan mengimbau kepada para nelayan harus lebih berhati-hati dan waspada saat melaut. Para nelayan diimbau untuk membawa peralatan keselamatan lengkap, seperti life jacket dan ring buoy.

Para nelayan juga harus melengkapi diri dengan alat komunikasi baik radio Orari maupun ponsel. Sehingga ketika adanya potensi bencana bisa segera langsung berkomunikasi meminta bantuan kepada nelayan terdekat.

“Kami sampaikan juga kepada teman-teman nelayan jangan melakukan penangkapan ikan dengan sendiri-sendiri mininal ada 3-4 kapal berdekatan. Jadi apabila ada masalah kapalnya atau keadaan cuaca tidak memungkinkan maka bisa saling membantu permasalahan di laut sana,” jelas Ridwan, Rabu (7/8/2024).

HNSI Kabupaten Bangka juga telah menyiapkan tim rescue yang siap berkolaborasi dengan BPBD, Basarnas, Satpolair, TNI Angkatan Laut serta pihak terkait lainnya. Ketika mendapat laporan musibah di laut atau butuh evakuasi maka tim rescue siap dikerahkan.

 

 

Sumber : rri.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.